Breaking News

June 6, 2021

Tinjau Budidaya Ikan Kerapu di Sungai Nyalo, Wabup Pessel Minta Nelayan Tingkatkan Usaha Perikanan

                                                                     5 Juni 2021

FS.Pessel(SUMBAR)-Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah meninjau usaha budidaya ikan kerapu dengan sistem keramba jaring apung di Sungai Nyalo Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Jum'at (4/6).


Pada kesempatan itu Wabup mengajak nelayan agar meningkatkan usaha perikanan, khususnya budidaya ikan kerapu sistem keramba jaring apung. Sebab, perairan Sungai Nyalo ini sangat potensial untuk pengembangan usaha perikanan.

"Saya minta para nelayan di sini agar giat berusaha dalam rangka meningkatkan ekonomi. Selanjutnya, Dinas Perikanan agar melakukan pembinaan kepada nelayan," pintanya.

Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi perikanan laut yang cukup besar. Apabila potensi itu digarap secara maksimal, maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para nelayan. Dalam hal ini dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan teknologi.

"Untuk menggarap potensi perikanan itu dibutuhkan SDM handal dari penyuluh perikanan serta teknologi. Tahun 2021 ini, kita berharap peningkatan SDM tenaga penyuluh perikanan yang ada di lapangan, sehingga mampu melaksanakan fungsi secara maksimal," katanya.

Menurutnya, Dinas Perikanan diminta memberikan pembinaan agar tenaga penyuluh perikanan tersebut dapat melaksanakan fungsi secara maksimal dalam upaya pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Usaha perikanan membutuhkan pembinaan dan pendampingan secara intensif. Selain itu pelaku – pelaku usaha diminta untuk dapat lebih proaktif, komunikatif dan tentunya juga inovatif. Karena pelaku – pelaku usaha seperti itulah yang sangat dibutuhkan dalam menentukan perencanaan kegiatan dinas kedepan," ucapnya.

Lebih jauh disebutkan, untuk mengoptimalisasi potensi perikanan itu, juga dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, teknologi, pembinaan, sumber daya manusia (SDM) yang handal dan lainnya.

Dalam hal ini, maka Pemkab Pesisir Selatan terus berupaya menggaet program-program perikanan di tingkat pusat yaitu di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. "Ya, untuk mendapatkan program-program perikanan membutuhkan perjuangan secara intensif," katanya.(03/Humas Pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!