Breaking News

Connect With us

December 6, 2021

Terima Anugerah KIP, Wagub Sumbar : Keterbukaan Informasi Penting untuk Angkat Potensi dan Keunggulan Sumbar

                                                        06 Desember 2021

FS.Bukittinggi(SUMBAR)-Keterbukaan informasi sebagai upaya untuk mengangkat potensi dan keunggulan daerah melalui pemberitaan penting untuk dilaksanakan karena akan berdampak positif bagi daerah.


"Saya mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus mengedepankan keterbukaan informasi terutama untuk meningkatkan citra positif daerah yang pada akhirnya akan menguntungkan masyarakat dalam semua sektor termasuk ekonomi," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik untuk Badan Publik Tahun 2021 (Achievement Motivation Person) Komisi Informasi (KI) Sumbar di Balai Sidang Bung Hatta - Novotel Bukittinggi, Senin (6/12/2021).


Ia mengatakan sebagai Wakil Gubernur ia selalu berusaha untuk bisa dihubungi oleh masyarakat dan media. "Saya tidak pernah menghindar dan selalu menjawab pertanyaan yang diajukan rekan media. Kalau ditanya lewat WA saya upayakan selalu memberikan respon. Kalaupun ada penundaan, itu untuk mengumpulkan informasi sebelum memberikan jawaban," katanya.


Dengan pola itu, ia menyebut pergerakan berita Wagub Sumbar di media nasional yang dipantau setiap dua minggu, sangat bagus. Tiga bulan terakhir selalu masuk lima besar nasional, hanya kalah dari provinsi besar seperti DKI Jakarta.


Berita tersebut sekaligus akan berdampak positif kepada daerah karena Sumbar akan semakin dikenal secara nasional sehingga akan muncul banyak peluang ke depannya.


"Karena itu saya mengajak pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk terus berkoordinasi, berkolaborasi dengan KI dan media untuk mengangkat nama daerah di panggung nasional," katanya.


Meski demikian, ia juga menilai informasi negatif tentang Sumbar juga banyak merebak meski tidak semua yang betul. Persoalan tol Padang-Pekanbaru contohnya. Banyak yang menyebut batal dan banyak informasi salah lainnya, padahal sampai saat ini terus berjalan.


"Ini perlu diimbangi dengan berita yang benar sehingga Sumbar tidak dikenal karena hal negatif tetapi hal yang positif," katanya.


Anugerah KIbtersebut diserah langsung oleh Ketua KI Sumbar Nofal Wiska. 


Turut hadir pada acara itu, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Wakil Bupati Pessel Rudi Hariyansyah, Ketua Komisi informasi (KI) Nofal Wiska, Kepala Diskominfotik Sumbar, Jasman Rizal serta para perwakilan dari media cetak, elektronik dan online.***


(BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!