Breaking News

February 9, 2023

DPK Lakukan Pembinaan Perpustakaan di SD dan SMP


FS.Padang Panjang(SUMBAR)--
Tumbuhkan dan tingkatkan akreditasi perpustakaan sekolah di Kota Padang Panjang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) laksanakan pembinaan.


"Akreditasi perpustakaan merupakan sistem untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka (pengguna perpustakaan) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan," ujar Kasi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK, Rita Amelia, S.Pd, M.Si, Kamis (9/2).


Dikatakan Rita, kali ini pihaknya memberikan pembinaan kepada SD dan SMP. Pembinaan ini sangat penting agar perpustakaan di sekolah lebih nyaman, bagus dan bisa mendapatkan akreditasi.

"Kami hari ini mengunjungi dua sekolah yaitu SDN 5 Padang Panjang Barat (PPB) dan SMPN 2," katanya.


Saat pembinaan, Rita menjelaskan kepada pihak sekolah terkait kegiatan akreditasi, sekaligus evaluasi dari pembinaan sebelumnya.


Dalam hal akreditasi, kata Rita, ada banyak kriteria yang harus terpenuhi. Yang nantinya akan menentukan predikat akreditasi yang didapat lembaga perpustakaan tersebut. 


“Untuk akreditasi, ada banyak kriteria. Salah satunya ruangan setidaknya menampung seperempat jumlah orang di lembaga. Koleksi minimal 1.000 judul dan adanya pelayanan perpustakaan, baik manual maupun sudah otomatisasi,” katanya.


Rita mengakui, untuk mengangkat kesadaran literasi dan akreditasi perpustakaan tidak mudah. Selama ini keberadaan perpustakaan di  Kota Padang Panjang banyak alakadarnya. Sehingga pembinaan harus terus dilakukan agar meningkatkan kapasitas perpustakaan yang mendukung literasi SDM yang ada. 


(Ernawati | Elin | Cigus)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!