Breaking News

Baner Bank Nagari

March 9, 2023

Dinkes Laksanakan Tes Kebugaran bagi CJH


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang adakan tes kebugaran Calon Jemaah Haji (CJH). Tes kebugaran ini berlangsung di Lapangan Bancah Laweh, Rabu (8/3). 


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Rahmaisa, SKM didampingi Kabid Yankes, Promkes dan SDK, Oktafihendri, S.Kep menyampaikan, sebanyak 55 CJH mestinya ikuti tes kebugaran ini.


"Dari 55 CJH itu, hanya 52 yang ikut tes kesehatan hari ini, dikarenakan yang satu sakit dan dua lagi sedang di luar kota," sebutnya.


Bagi yang belum ikut, katanya, akan ada lagi tes kebugaran bagi mereka, bergabung dengan CJH yang lain. Tes kebugaran ini dilaksanakan guna memastikan tingkat kebugaran jasmani para CJH. 


"Tes ini menggunakan metode rockport. Metodenya, para CJH berjalan atau berlari sejauh 1,6 km atau empat kali keliling lapangan kecil Bancalaweh. Diberikan istirahat 9 hingga 10 menit dan diukur kembali nadinya," jelasnya. 


Sebelum melakukan metode ini, para CJH diperiksa dulu tensi, tekanan darah, pengukuran nadi dan wawancara riwayat sakit oleh dokter. Apabila nanti dokter membolehkan untuk ikut berjalan atau berlari, maka diikutsertakan. Apabila tidak, tidak akan ikut. 


"Alhamdulillah setelah dites kebugaran para CJH kita saat ini hasilnya bagus dan baik. Kita harapkan ke depan kesehatan para CJH kita baik-baik saja. Mereka kami berikan penyuluhan agar ke depan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dengan tetap berolahraga minimal berjalan kaki," tuturnya.


Sementara itu Kasi PHU Kantor Kemenag, Editiawarman, S.Ag menyampaikan, CJH Kota Padang Panjang yang didaftarkan sebanyak 110 orang. Namun cuma 55 orang yang baru menyelesaikan admnistrasinya. Maka dari itu 55 orang ini dites kebugarannya hari ini.


Sementara untuk kloter keberangkatan, imbuhnya, belum bisa dipastikan kloter ke berapa. Namun untuk keberangkatan insyaa Allah pertengahan Mei sudah berangkat.

"Kami harap para CJH semangat menjaga kesehatannya. Karena kesehatan adalah yang utama untuk menunaikan ibadah haji ini," pungkasnya. 


(Ernawati | Elin | Cigus)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!