Breaking News

March 18, 2023

Tim Ahli Epidemiologi Kemenkes. RI Datangi Kota Solok

Walikota Solok Saat Menerima Kunjungan Dari Tim. Kemenkes RI


FS.Kota Solok (SUMBAR)---Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar didampingi oleh Dinas Kesehatan menerima kunjungan sekaligus audiensi Ahli Epidemiologi Direktorat Jenderal Imunisasi, Kementerian Kesehatan RI, Junghan Situmorang, bertempat diruang kerja Wali Kota, Kamis (16/03-23).


Junghan Situmorang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Solok yang telah bersedia menerima kunjungannya.


"Adapun inti dari kunjungan kali ini, karena sedang terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Provinsi Aceh. Adanya kasus polio yang terdeteksi di Indonesia tentunya mengejutkan banyak pihak. Sebab, Indonesia diketahui sudah berstatus bebas polio sejak tahun 2014,"jelasnya.


Seperti diketahui, Virus Polio adalah Virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus Polio terdiri dari 3 strain yaitu strain-1 (Brunhilde), strain-2 (Lansig) dan strain-3 (Leon), termasuk family Picornaviridae.katanya.


"Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus,"kata Junghan


Lebih lanjut dia mengatakan, sampai saat ini, tidak ada obat untuk polio. Polio hanya bisa dicegah dengan imunisasi, Vaksin aman dan efektif ada vaksin polio oral (OPV) dan vaksin polio yang tidak aktif (IPV).


Adapun cakupan Imunisisasi Polio Kota Solok cukup rendah semenjak Tahun 2020 sampai 2022. 


"Tentu yang dikhawatirkan adalah KLB yang terjadi di Aceh akan terjadi juga di Sumatera Barat. Untuk itu kita harus mencegah dan melakukan yang terbaik agar kasus itu tidak terjadi di Kota Solok,"tangkas Junghan 


Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengucapkan terima kasih kepada Bapak Junghan Situmorang dari Kemenkes RI yang telah datang ke Kota Solok. 


"Tentu pertemuan ini dapat menjadi penyemangat bagi Pemerintah Kota Solok dalam meningkatkan capaian imunisasi polio serta melindungi generasi penerus Kota Solok yang bebas Polio,"ujar Wako


Wali kota sangat setuju dengan yang telah dijabarkan Bapak Junghan Situmorang. Untuk itu, dia meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Solok agar melakukan segala cara untuk menggenjot capaian imunisasi polio di Kota Solok.


"Imunisasi ini sangat diperlukan untuk masa depan anak-anak dan keluarga di Kota Solok. Kita harus berusaha menjadikan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Solok,"tegas Wako.


Lebih jauh dia mengatakan, kesehatan merupakan hal paling utama dalam kehidupan manusia. Imunisasi Polio harus digalakkan baik itu melalui Posyandu, bahkan melalui PAUD dan TK. Sehingga kita bersama-sama mendorong imunisasi polio di Kota Solok ini mencapai 100 %.


"Lakukan juga himbauan dari segala arah melalui berbagai media yang dikelola Pemerintah. Kita juga punya LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang yang selalu bergandengan tangan dengan Pemko Solok demi kebaikan generasi penerus bangsa Kota Solok,"tegas Zul Elfian. (Am/Fs).


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!