Breaking News

Thursday, October 25, 2018

India Akan Terjadi Bencana Akibat Pemanasan Global Berkepanjangan


FS.INDIA- Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) telah memperingatkan konsekuensi bencana jika pemanasan global saat ini tidak segera membaik,khusus untuk wilayah India dan Asia Selatan,(25/10)

Laporan IPCC, yang dirilis awal bulan ini, telah mengeluarkan peringatan paling luas tentang risiko kenaikan suhu global.

Laporan itu mengatakan bahwa dampak peningkatan suhu global 1,5C akan "secara tidak proporsional mempengaruhi populasi yang kurang beruntung dan rentan melalui ketidakamanan pangan, harga pangan yang lebih tinggi, kehilangan pendapatan, hilangnya peluang mata pencaharian, dampak kesehatan yang merugikan, dan perpindahan penduduk".

India menjadi salah satu negara yang paling terpengaruh secara signifikan, mengingat populasi besar dan tingkat ketidaksetaraan dan kemiskinan.

Jika terkena semacam destabilisasi yang dibicarakan oleh laporan tersebut, dampaknya terhadap India bisa sangat menghancurkan - tidak hanya secara sosial tetapi juga secara politis.

Kenaikan permukaan laut akan memiliki dampak bencana bagi negara, mengingat garis pantai yang besar, dan jumlah orang yang tinggal dekat dan bergantung pada laut untuk mata pencaharian mereka.

Di sisi lain, gelombang panas yang mematikan - mirip dengan yang terjadi pada tahun 2015 yang menewaskan ribuan orang di India dan Pakistan - dapat segera menjadi norma, dengan kota Kolkata India bagian timur (Kalkuta) dan kota Pakistan selatan Karachi kemungkinan menjadi terparah.

Dan sementara laporan mengatakan bahwa tidak terlalu terlambat untuk membalikkan suhu yang meningkat dan meminimalkan beberapa bahaya, itu tidak akan mudah dilakukan untuk negara-negara di Asia Selatan, yang sebagian besar merupakan negara berkembang dengan sumber daya terbatas.

Laporan itu memperkirakan bahwa investasi untuk membatasi pemanasan global antara tahun 2015 dan 2050 dapat merugikan negara-negara sekitar $ 900 miliar.



# dan | BBC




No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!