Breaking News

Friday, October 05, 2018

Kementerian LHK Beri Pelatihan Ukir Kayu Khas Bali Pada Negara Fiji


FS.FIJI-   Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 4 Oktober 2018. Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, memberikan pelatihan keterampilan ukir kayu (wood carving training programme) khas Bali, bagi para pengrajin ukir kayu di negara Fiji. Bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan Fiji, pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kerjasama Selatan-Selatan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL), Hilman Nugroho, menyampaikan bahwa, program ini merupakan milestone penting, setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bidang Kehutanan, antara Menteri LHK, Siti Nurbaya, dan Menteri Kehutanan Fiji, Mr. Naiqamu, pada Bilateral Meeting Indonesia-Fiji, di sela-sela pelaksanaan Third Asia Pasific Rainforest Summit (APRS-3) April 2018. 

"Kerjasama ini diharapkan dapat memperat persahabatan kedua negara, serta memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat masing-masing negara. Bagi Indonesia, Fiji bukan sekedar seorang sahabat di forum Internasional, namun sudah merupakan saudara," tutur Hilman mewakili Menteri LHK, saat memberikan sambutan pada pembukaan acara di Nadi, Fiji (4/10).

Sebanyak 20 peserta mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini. Sebagai narasumber, Indonesia menghadirkan dua ahli ukir dari Bali, yaitu Nyoman Budi Darmawan dan Nyoman Daging, dari gallery ternama di Bali yaitu I Made Ada Gallery di Gianyar. Dalam pelatihan, para pengukir kayu dapat berbagi pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan mengukir, tanpa meninggalkan identitas budaya masing-masing. 

Cuitan Kementerian LHK di akun Twiternya @KementerianLHK :


Sementara itu, Permanent Secretary of Forests Kementerian Kehutanan Fiji, yang diwakili oleh Mr. Semi Dranibaka, Direktur Penelitian dan Pengembangan, menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia atas pelaksanaan pelatihan ini, serta keberhasilan penyelenggaraan APRS-3 di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

"Kemitraan Indonesia-Fiji berarti membangun kedekatan yang lebih kuat, dan percaya akan membuka pintu baru, serta menciptakan kesempatan baru dalam sektor kehutanan kedua negara," ujarnya.

Menurutnya, pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi sektor kehutanan, namun sektor lainnya seperti sektor wisata, kesejahteraan masyarakat yang bergantung kepada hutan, serta meningkatkan skala bisnis dari usaha kecil dan menengah, melalui pemanfaatan hutan secara lestari.

"Di Fiji, kontribusi dari sektor informal kerajinan kayu terhadap pendapatan dari eksport nasional adalah sebesar 10%," jelasnya. 

Di akhir sambutannya, Dranibaka berharap agar kemitraan ini terus berlanjut di masa mendatang, dan membuka jalan untuk kerjasama ekonomi, serta pembangunan kapasitas yang lebih kokoh di antara kedua negara.


# dan | Kementerian LHK(*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!