Breaking News

Tuesday, November 06, 2018

Ini Pesan Menag Pada Ribuan Siswa SMA/SMK Saat Pembukaan ROHIS 2018


FS.Belitung(BABEL)- Pagi nan cerah, mentari mulai naik sepenggalah. Jarum jam menujukkan pukul 08.00 WIB tatkala enam siswi membawakan tarian tradisional selamat datang khas daerah Belitung dilanjutkan dengan suara kompang beriring shalawat menyambut kedatangan Menag Lukman Hakim Saifuddin bersama rombongan di Bumi Perkemahan Juru Seberang, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pagi itu, seribuan siswa SMA/SMK akan memulai gelaran dua tahunan, Perkemahan Rohani Islam (Rohis) Tingkat Nasional III tahun 2018 yang akan dibuka Menag Lukman Hakim. Rangkaian pembukaan diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya yang dipandu puluhan siswa SMA/SMK dengan pakaian adat nusantara.

"Aku memandang engkau berselendang, amatlah manis begitu indah serasi, aku datang dengan riang dan hati lapang, berjumpa Rohis di Bumi Laskar Pelangi," kata Menag Lukman Hakim diikuti aplaus seribuan peserta Rohis. 

Pembukaan Perkemahan Rohis Tingkat Nasional ke III tahun 2018 ditandai dengan pemukulan rebana oleh Menag Lukman, Wakil Gubernur Bangka Belitung, dan Dirjen Pendidikan Islam Kamarudin Amin.

Dalam kesempatan pagi itu, Menag mengajak segenap peserta untuk membalas tiga yel yang diteriakkan yaitu, Islam dijawab Damai, NKRI dijawab harga mati, dan Rohis dijawab Menebar Manfaat.

Kepada seribuan peserta Rohis 2018, Menag menyampaikan tiga pesan. Pertama, mengajak senantiasa memperluas dan memperdalam wawasan pengetahuan, tidak hanya di bidang keislaman namun di semua aspek kehidupan. 

"Wawasan harus diperluas dan diperdalam agar tidak sempit pikiran, bila pandangan luas maka hati kita pun akan luas. Ada pepatah arab yang mengatakan manusia itu cendrung memusuhi hal yang dia tidak ketahui. Kita mudah sekali memusuhi sesuatu yang tidak dikuasai," kata Menag.

Ditambahkan Menag, Rohis harus senantiasa memiliki cara pandang yang mengedepankan hal positif dan tidak mudah terjebak pada hal pesimis. Untuk itu, diperlukan wawasan yang luas.

Perintah Tuhan yang pertama kepada Rasulullah adalah membaca. Perintah membaca justru diberikan kepada Nabi yang ummi (tidak pandai membaca dan menulis). Bahkan, perintah itu ditegaskan sampai tiga kali. "Ini memiliki makna yang luas bahwa wawasan harus betul-betul mendalam dan luas," ujar Menag.

Kedua, pahami Islam secara esensial dan subtansial. Inti ajaran pokoknya adalah memanusiakan manusia. Islam memiliki akar kata yang sama dengan Assalam yaitu kedamaian. Maka tebarkan selalu kedamaian.

"Ketiga, jadilah penebar maslahah, bukan masalah. Saya merasa perlu menyampikan ini karena dalam pikiran saya dan angan-angan saya, 25 tahun yang akan datang tentu saudara yang akan berdiri di pangung ini, bahkan memimpin negara tercinta ini," tegas Menag.

Dijelaskan Menag, sebaik manusia adalah yang paling banyak dan besar manfaat yang bisa ditebarkan kepada lingkungan masing-masing. "Sehingga keberadaan kita bisa dirasakan manfaatnya, kita memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang baik dan semangat berislam menyebarkan kedamaian," tandas Menag.

"Perkemahan Rohis ini adalah ajang yang tidak hanya memperbanyak hubungan silaturahim, tetapi juga sekaligus menjadi ajang memperluas pengetahuan," tutup Menag.

Perkemahan Kerohanian Islam (Rohis) Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018 merupakan kegiatan Kementerian Agama melalui Direktorat Agama Islam (PAI). Gelaran yang berlangsung 5-10 November di Bumi Laskar Pelangi itu mengusung tema membentuk generasi Islam milenial yang literat dan moderat. Pembukaan Rohis 2018 diakhir dengan penampilan tarian kolosal dan menyanyikan lagu Laskar Pelangi dari seribuan peserta Rohis.



# dan | Humas Kemenag

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!