Breaking News

Friday, February 15, 2019

Diduga Pengungsi Rohingya, Polisi Amankan 9 Pria WNA


FS.Sergai(SUMBAR) - Polres Serdang Bedagai (Sergai) mengamankan 9 orang pria Warga Negara Asing (WNA) diduga pengungsi Rohingya, Myanmar, Rabu (13/2).

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman EP Pasaribu SSos SIK MSi mengatakan, awalnya pada Selasa (12/2) sekira pukul 23.00 WIB, para pelanggan di sebuah warung milik Erwinsyah Lumbantobing (45) warga Dusun XVI Martebing Desa Sukadamai Kecamatan Seibamban melihat 6 orang yang mencurigakan tengah berjalan ke arah Kota Tebingtinggi.

“Setelah didekati, ternyata mereka adalah WNA dan tidak mengerti bahasa Indonesia. Warga selanjutnya membawa mereka ke warung dan melaporkan kejadian itu kepada Kepala Desa (Kades) Sukadamai, Karnain. Sedangkan 3 orang WNA lainnya, ditemukan warga di salah satu masjid di Desa Seirampah Estate. Kemudian, Kades Sukadamai melaporkan kejadian itu ke petugas Polsek Firdaus,” ujarnya.

Esoknya sekira pukul 02.20 WIB, lanjut dia, personel Polsek Firdaus mengamankan kesembilan pengungsi tersebut untuk diserahkan ke Mapolres Sergai. Adapun identitas kesembilan WNA itu di antaranya, Roshid Ahmad (28), Mohammad Solim (27), Mohammad Idris (24), Abdul Mabud (16), Nur Islam (15), Mohammad Ayas (15), Mohammad Salim (15), Mohammad Taker (15) dan Habes Mohammad Ismail (18).

“Kesembilan diduga pengungsi itu hanya memiliki 3 kartu identitas dari UNHCR atas nama Mohammad Ayas, Nur Islam dan Mohammad Salim. Sedangkan sisanya tidak memiliki kartu identitas dengan alasan ditahan pihak imigrasi,” ungkapnya.

Pihak Kepolisian hingga saat ini mengaku mengalami kesulitan untuk berkomunikasi.

“Sebab, mereka tidak mengerti bahasa Inggris ataupun Indonesia sehingga kami sulit berkomunikasi. Saat ini, para WNA itu masih diamankan di Mapolres Sergai untuk selanjutnya berkoordinasi dengan pihak imigrasi Pematangsiantar,” ucap Kapolres.



#dan | Humas Polda Sumut/lts

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!