Breaking News

June 18, 2019

Wagub Nasrul Abit Buka Jambore Terpadu Kader PKK Sumbar 2019



FS.Batusangkar(SUMBAR) - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit membuka jambore terpadu kader PKK berprestasi dan gelar teknologi tepat guna tingkat provinsi di Lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Selasa (18/6).

Di kesempatan itu, Nasrul Abit mengatakan, sebagai mitra kerja pemerintah daerah, Tim Penggerak PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar memiliki tugas dan peran mensukseskan 10 program pokok PKK, khususnya yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, seperti mewujudkan keluarga sejahtera.

"Dalam melaksanakan perannya, PKK mesti dapat berinovasi dengan perkembangan teknologi sekarang ini", ujar Nasrul Abit.

Ia juga mengatakan, PKK juga berperan dalam menjaga keutuhan keluarga, menyediakan gizi yang layak bagi masyarakat dengan memaksimalkan fungsi Posyandu, dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan disegala bidang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno mengatakan, jambore terpadu tingkat provinsi itu diikuti sekitar 1000 kader PKK Kabupaten/Kota se-Sumbar yang juga menggelar TTG (Teknologi Tepat Guna) dan penyuluhan kesehatan. Dengan tema 'Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi,  Gelar TTG, dan Penyuluhan Kesehatan, Kita tingkatkan Kinerja PKK Selaras Dengan Program Pemerintah'.

"Kegiatan ini untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan Gerakan PKK di Sumatera Barat, dengan meningkatkan kinerja  PKK serta mengembangkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, selaras dengan program Pemerintah," ulas Nevi.

Di kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyempatkan mengunjungi stand usai acara pembukaan. Dia mengagumi sejumlah peralatan teknologi sederhana yang dipamerkan. Diantaranya alat penyuling air dan perontok jagung. Menurutnya, TTG yang ditampilkan itu bisa dikembangkan dan diproduksi lebih massal.

"Jika alat-alat sederhana itu dikembangkan, dapat dijual di pasaran. Ini sangat memudahkan dalam rumah tangga, juga memudahkan usaha," kata Hendri Septa.

Begitu juga dengan produk UKM berupa aneka kue kering dan minuman sari buah berpotensi untuk dikembangkan. Ada juga jenis songket dan sulam serta bordir yang dipamerkan hasil karya usaha rumahan kader PKK binaan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian dan Dinas Koperasi UMKM serta berafiliasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang.

"Pemko Padang akan terus memperkuat usaha-usaha kecil menengah yang ada. Pendampingan dan pembinaan melalui dinas terkait serta kegiatan PKK dilakukan secara serius," ujarnya. (Rel)

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!