Breaking News

Tuesday, January 28, 2020

Humas IAIN Batusangkar Garda terdepan Sosialisasikan SPAN-UM PTKIN



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Sebanyak 42 Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengikuti Focused Group Discussion (FGD) Kehumasan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-UM PTKIN) 2020, yang berlangsung di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta 25-26 Januari 2020.

"Keberadaan Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (FH PTKIN) harus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan SPAN-UM PTKIN. Karena Humas merupakan ujung tombak informasi yang berusaha meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi Islam, tegas Ketua Forum Rektor PTKIN," Prof. Babun.

Ketua Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN, Prof. Mahmud, menegaskan keikutsertaan perguruan tinggi negeri (PTN) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke PTKIN di lingkungan Kementerian Agama dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru (PMB) menjadi bukti atas kesetaraan perguruan tinggi dalam mencetak generasi bangsa yang beradab. 

Menurutnya, kehadiran Humas di lingkungan PTKIN ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas input calon mahasiswa baru. 

“Meskipun berkurang anggarannya. Saya berharap sosialisasi, publikasi SPAN-UM PTKIN harus gencar dilakukan oleh setiap humas perguruan tinggi dengan berbagai cara, kretivitas, inovasi karena humas merupakan ujung tombak dari barisan informasi yang berusaha memberikan peningkatan marwah kampus PTKIN dalam menyelenggarakan SPAN-UM PTKIN,” jelasnya. 

Sementara itu Humas IAIN Batusangkar Chardinal Putra, S.Ag., MA yang hadir Focused Group Discussion (FGD) Kehumasan, kita IAIN Batusangkar tentu harus bertanggung jawab memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap SPAN-UM PTKIN serta membuat masyarakat mengerti dan memahami apa dan bagaimana SPAN-UM PTKIN. 

Agar dapat memberikan informasi secara lengkap tentang SPAN-UM PTKIN, maka Humas harus memahmi betul kebijakan di internal PTKIN masing-masing.

Chardinal juga menjelaskan, bahwa dalam forum FGD Humas PTKIN berkembang wacana untuk meminta panitia national SPAN-UM PTKIN untuk memaksimalkan pemanfaatan peran humas dalam pelaksanaan SPAN-UM PTKIN pada tahun-tahun berikutnya, baik dari segi kebijakan maupun penganggaran sosialisasi. 

Sudah selayaknya panitia nasional mempunyai Tim Humas SPAN-UM PTKIN secara definitif yang terkoordinasi langsung pada pelaksana humas seluruh PTKIN Se-Indonesia. Disamping itu tugas dan fungsi humas setiap PTKIN tetap dilaksanakan membantu panitia lokal SPAN-UM PTKIN di masing masing satker.  

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengatakan Jadilah barisan informasi yang selalu memberikan kabar tentang SPAN-UM PTKIN dan tentunya Seleksi Penerimaan Mahsiwa Baru (SPMB) jalur mandiri IAIN Batusangkar, karena Humas merupakan corong informasi yang diharapkan dapat meraih simpati yang berusah untuk membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap jalur masuk SPAN-UM PTKIN dan SPMB. paparnya.

Lebih lanjut Kasmuri mempertegas kepada pantia lokal SPAN-UM PTKIN dan SPMB khususnya Humas IAIN Batusangkar, kita terus sosialisasikan tetang IAIN Batusangkar, kepada seluruh calon sisiwa yang akan melanjutkan pendidikannya, Mengingat karena IAIN Batusangkar salah satu PTKIN yang mempunyai Akreditasi Terbanyak di Sumatera Barat, dengan menggantongi 7 program studi/jurusan terakreditasi A.(hm/dn/cp)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!