Breaking News

Wednesday, February 05, 2020

BPRN Pasie Laweh Tanah Datar Gelar Musyawarah Pra Musrenbang Tahun 2020



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Sebelum melaksanakn Musrenbang Nagari Tahun 2020, Bank Perkreditan Rakyat Nagari (BPRN) Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menggelar acara  Musyawarah Nagari Pra Musrenbang Tahun 2020 yang di gelar  pada hari Selasa, 04 Februari 2020 di Aula Kantor Wali Nagari setempat.

Musyawarah tersebut diadakan berdasarkan dasar hukum UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Demikian dikatakan oleh Ketua BPRN Pasie Laweh Amrizal,S.Pd.SD pada awal pidato pembukaaan acara tersebut.

"Berdasarkan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, pasal 80 menyatakan bahwa Perencanaan Pembangunan Desa dilaksanakan dengan mengikutsertakan Masyarakat Desa dan seterusnya, maka kami Pemerintah Nagari Pasir Laweh mengadakan Musyawarah Pra Musrenbang ini," jelas Amrizal.

Dalam penyampaiannya Amrizal juga mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam Perencanaan Pembangunan Nagari dengan ikut serta menyampaikan usulan-usulan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak.

"Usulan kegiatan tersebut hendaknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak, bukan sesuai dengan kebutuhan/prioritas kelompok atau golongan saja," tegas Amrizal.

Selanjutnya sebagai Ketua BPRN ia juga meminta agar masyarakat berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan Pemerinrah Nagari baik dalam Pembangunan Fisik maupun Non Fisik agar sesuai dengan apa yang direncanakan dan diusulkan oleh masyarakat terutama azas transparansi dan akuntabel.

Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Syafrial S.Sos selaku Kasi PDM di Kantor Camat Sungai Tarab yang kehadirannya kali ini mewakili Camat Sungai Tarab Afrizal yang berhalangan hadir dan juga  Kapolsek Sungai  Tarab Iptu Harmen,S.Sos yang juga hadir pada saat itu.

Harmen,S.Sos menghimbau kepada masyarakat agar dalam penyampaian usulan perencanaan lebih meningkatkan lagi perencanaan terhadap pembangunan non fisik dan pemberdayaan, terutama untuk generasi muda demi mengurangi kriminalitas, pekat serta narkoba dan juga minuman keras yang marak ditengah-tengah masyarakat akhir-akhir ini.

Sementara itu Mukhtar Kiman selaku Wali Nagari Pasie Laweh juga berharap pada masyarakat sekiranya dalam penyampaian usulan perencanaan pembangunan terutama pembangunan fisik agar lebih matang dalam mempersiapkan perencanaan pembangunan fisik, terutama sekali perihal pembebasan lahan yang sering kali menjadi kendala terealisasinya pembangunan fisik.

"Karena masalah pembebasan lahan ini sering menjadi kendala sehingga pembangunan fisik tertunda dan akibatnya menjadi anggaran Silpa seperti yang terjadi pada kegiatan fisik tahun lalu" kata Mukhtar Kiman.

Setelah Prosesi Pembukaan oleh Ketua BPRN, acara dilanjutkan dengan kegiatan pokok yakni diskusi kekompok yang diawali dengan Penetapan Tim Verifikasi yang beranggotakan Instansi Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Nagari (Wali Nagari, KAN dan BPRN)serta Perwakilan Tokoh Masyarakat. Selanjutnya juga dibentuk Tim Delegasi yang terdiri dari unsur Pemerintah Nagari juga dan ditambah Perwakilan masing-masing lembaga unsur yang ada di nagari.

Tim-tim tersebut selanjutnya akan mengawal dan memperjuangkan hasil Musyawarah Nagari Pra Musrenbang di Tingkat Kecamatan.

Setelah pembentukan Tim-tim tersebut acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang dibagi 3 Kelompok yaitu Kelompok Pembangunan Fisik dan Sarana Prasarana,  Kelompok Pemberdayaan Pemerintahan dan Masyarakat dan Seni Budaya serta Kelompok Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial,  dimana setelah masing-masing kelompok melakukan diskusi diadakan Sidang Pleno Terbuka untuk menyampaikan hasil diskusinya. Penyampain hasil diskusi dilakukan oleh ketua kelompok masing-masing.

Rangkaian Acara Musyawarah Nagari Pra Musrenbang diakhiri dengan penyerahan hasil diskusi kelompok yang sudah diplenokan dan diserahkan langsung oleh Ketua BPRN kepada Wali Nagari Pasie Laweh Mukhtar Kiman.

Hadir dalam acara tersebut Camat Sungai Tarab yàng diwakili oleh Kasi PMD Syafrial,S.Sos, Kapolsek Sungai Tarab Iptu Harmen,S.Sos, Forkopinca Sungai Tarab, BPRN dan KAN Pasie Laweh, Jorong se-Nagari Pasie Laweh, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Pemuda serta undangan lainnya.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!