Breaking News

April 2, 2020

Berkontribusi Lawan Covid-19, Pemuda Sawahlunto Berinisiatif Membuat APD


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Berkontribusi Lawan Covid-19, Pemuda Sawahlunto yang tergabung dalam "Satuan Tugas Pramuka Sawahlunto Peduli" berinisiatif  membuat Alat Pelindung Diri  (APD).

Rahmat Zoraldi, SKom,  yang merupakan inisiator kegiatan tersebut bersama Rezi Haryadi, Tungki Rizka serta rekan-rekannya telah berhasil membuat Faceshield, Handsanitizer dan Cairan Disinfektan.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian dan semangat berkontribusi berjuang melawan Corona, mendorong sekelompok pemuda ini berinisiatif membuat Alat Pelindung Diri (APD) untuk disumbangkan kepada Para Pejuang Corona, diantaranya  Paramedis dan Satgas Covid yang bertugas di garda depan untuk melindungi masyarakat Kota Sawahlunto. 

Rahmat Zoraldi, S. Kom  kepada fokussumatera.com, Kamis, 02 April 2020 mengatakan dalam Aksi Peduli ini pihaknya bergandengan tangan dengan Dekranasda Kota Sawahlunto.  


"Dekranasda menyediakan bahan baku, sementara Satgas Pramuka Peduli menangani proses produksi" ujar aktifis yang akrab disapa Raldi ini.

Dari kreatifitas Satgas Pramuka Peduli  selama 4 hari terakhir ini di posko Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto,  mereka telah mampu memproduksi lebih dari 400 pcs Faceshield dan telah disalurkan ke RSUD Sawahlunto,  Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Kolok, Puskesmas Talawi dan Silungkang.

Faceshield ini juga telah disalurkan dan digunakan oleh sejumlah petugas Pemeriksaan Covid yang bertugas memeriksa orang-orang yang masuk ke Sawahlunto di perbatasan Kota.

Selain Faceshield,  bersama Dekranasda, pemuda-pemuda ini juga memproduksi Cairan Disinfektan dan  Handsanitizer dan telah menyumbangkannya ke Gudang Farmasi Sawahlunto untuk membantu petugas memerangi Corona.

Satgas Pramuka ini mengaku selain belajar dari google, mereka berkonsultasi terlebih dahulu  dengan pihak Kesehatan dalam membuat APD yang memang langka di pasaran, sehingga layak digunakan oleh petugas kesehatan.

"Kami juga berencana untuk memproduksi masker, jika ada permintaan" ujar Raldi sambil menunjukkan mesin jahit yang terletak di sudut ruang Posko Kwarcab Pramuka Sawahlunto ini.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!