Breaking News

September 5, 2020

Pemkab Tanah Datar Sampaikan Penerapan SAKIP kepada KemenPAN RB


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan progres penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada tim evaluasi dari Kementrian PemberdayaaN Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Menurul keterangan Humas Tanah Datar dalam rilisna hari ini, penyampaian progres penerapan SAKIP tersebut digelar melalui aplikasi Zoom Meeting, Selasa (01/9/2020) di aula eksekutif kantor Bupati di Pagaruyung.

Dipimpin langsung Sekretaris Daerah Irwandi didampingi Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kepala Baperlitang Alfian Jamrah, Sekretaris Inspektorat Desi Rima dan Kepala Bagian Organisasi Adriyanti Rustam serta dihadiri Kepala Perangkat Daerah menyampaikan.

Dalam paparannya Sekda Irwandi menyampaikan capaian SAKIP, rekomendasi dan tindak lanjut hasil evaluasi (Laporan Kinerja Instasni Pemerintah (LKjIP), rekomendasi dan tindaklanjut hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB).

“Perkembangan nilai SAKIP di Tanah Datar dari tahun 2016 lalu cenderung meningkat, diawali predikat CC dengan nilai 55,23, meningkat menjadi  predikat B pada tahun 2017, sampai 2019 masih dengan prediket B dengan ada peningkatan nilai tahunnya, di mana tahun 2019 dengan nilai 64,26 dan tentunya tahun ini kalau tidak meningkat diharapkan mampu bertahan” ujar Sekda.

Dari hasil evaluasi di tahun 2019, tambah Sekda Irwandi, Pemerintah Daerah telah menyimpulkan 6 poin penting. “Pemda Tanah Datar telah berupaya menindaklanjuti sebagian rekomendasi evaluasi tahun 2018 dengan melakukan perubahan terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) ataupun dokumen perencanaan lainnya, melakukan penjenjangan (cascading) kinerja, pembangunan sistem informasi manajemen kinerja perangkat daerah. Program prioritas yang telah disusun ke depan perlu didukung dengan proses bisnis, program dilakukan baru sebatas pelaksanaan program dan penyerapan anggaran dan terakhir evaluasi akuntabilitas kinerja yang dilakukan belum sepenuhnya menggambarkan kondisi penerapan SAKIP di OPD” ungkap Sekda.

Kegiatan dilanjutkan sesi diskusi sekaligus evaluasi bersama tim evaluasi Kemenpan RB RI yakni Puti Rahmawati dan Nabila Haedara secara virtual/daring.

“Tidak seperti tahun sebelumnya yang melakukan kunjungan penilaian langsung, tahun ini kita melakukan secara virtual, namun kami dari tim Kemenpan RB RI menilai SAKIP dan RB Tanah Datar bukan 3 Jam hari ini saja, tapi sudah dilakukan jauh hari, setidaknya dari Maret lalu sudah kita lakukan evaluasi dan penilaian” ujar Puti.

Puti juga berpesan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus melakukan berbagai upaya peningkatan dan pelaksanaan SAKIP juga diimplementasikan. “Kita berharap ke depan SAKIP ini benar-benar dilaksanakan atau diimplementasikan dengan sebenarnya, sehingga capaian program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, tukasnya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!