Breaking News

Tuesday, June 15, 2021

Ketua Bawaslu Padang Pariaman : Jangan Ragu Melaporkan Pelanggaran Pemilu 2024


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan/Pemilihan Partisipatif tahun 2024 di Hotel Minang Jaya pada, Selasa (15/06).


Anton Ishaq dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab Bawaslu Padang Pariaman dalam menyambut tahapan dan  pelaksanaan pemilu 2024. 


"Pemuda dan masyarakat merupakan mitra sentral bawaslu dalam melaksanakan pengawasan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024. Meskipun Pemilu masih lama, sebagai generasi muda, kami harapkan saudara pemilih pemula jangan ragu dan cemas  untuk melaporkan Pelanggaran Pemilu Tahun 2024 nanti." Sarannya.


Anton  juga menyampaikan, Bawaslu  membuka kesempatan  bagi pemuda dan masyarakat untuk aktif sebagai pelaksana dan pengawas pemilu nantinya. 


"Pemilu tahun 2024 tentu akan menyita pikiran, waktu serta biaya yang besar. Oleh karena itu,  dalam pelaksanaannya harus diawasi dan dilaksanakan secara tepat sasaran demi tegaknya Demokrasi." Jelasnya mengakhiri sambutan.


Dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partispatif ini juga disampaikan beberapa materi terkait persiapan dalam pelaksanaan pemilu dan pemilukada tahun 2024. 


Rudi herman, koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Padang Pariaman, menyampaikan materi terkait pengawasan pemilu kedepan.


" Bawaslu mempersiapkan adanya kader-kader pengawasan sebagai mitra bawaslu dalam melaksanakan pengawasan kedepan. Kader ini terdiri dari anak muda umur 17-21 tahun." Terangnya.


Pengawasan Partisipatif penting dilaksanakan secara berkelanjutan dalam rangka mewujudkan Pemilu/Pemilihan tahun 2024 yang berintegritas dan mampu mengemban aspirasi masyarakat. 


Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat dalam pemilu kedepan mustahil terwujudnya Pengawasan Pemilu yang komprehensif dan hasil Pemilu yang berkualitas.


Pada kesempatan yang sama,  Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Zainal Abidin  menyampaikan perlunya lembaga ad hoc untuk persiapan menghadapi pemilu dan pemilukada tahun 2024. 


" Bawaslu Padang Pariaman memerlukan  lembaga ad hoc yang akan bertugas dalam pengawasan di tingkat kecamatan. Kami beserta  KPU masih menunggu surat edaran yang akan diberlakukan, kemungkinan akan terbit pada Februari 2022 nanti saat tahapan pemilu akan dimulai," jelas lelaki asal Kataping ini.


Mantan Ketua Bawaslu periode sebelumnya ini juga menjelaskan bahwa dengan dimulainya tahapan pemilu, penyelenggara juga akan mempersiapkan jajaran tingkat bawah sebagai pelaksana tugas dalam pengawasan, dengan bekerjasama dengan OKP, Pemilih Pemula, tokoh masyarakat dan lembaga pendidikan tinggi sebagai perpanjangan tangan bawaslu dalam setiap proses pengawasan Pemilu.


"Tidak usah cemas dalam mengamati dan membantu pengawasan pelanggaran Pemilu. Jangan seperti pada pilkada 2020, hanya ada 3 laporan yang masuk dan 1 laporan yang memenuhi persyaratan. Disamping itu, ada 17 temuan dengan rincian 3 pelanggaran pidana Pemilihan, 2 Kode Etik Penyelenggara serta 1 pelanggaran hukum lainnya. (war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!