Breaking News

November 11, 2021

Diskominfo Padang Pariaman Launching 8 Alpikasi dan 121 Website


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur secara resmi melaunching 8 Aplikasi dan 121 website yang merupakan inovasi Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) di Hall IKK Padang Pariaman pada, Kamis (11/11).


Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mulai terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Penerapan itu ditandai dengan Launching aplikasi terpadu Integrasi Layanan Berbasis Elektronik (Intan Bernik) bersama 7 aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Ekonomi dan 121 Website OPD, Kecamatan, Puskesmas dan Nagari.


Dalam sambutannya Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak yang telah memulai proses dari awal. Sehingga bisa melahirkan karya besar di bidang Teknologi Informasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan yang berbasis elektronik.


"Kabupaten Padang Pariaman telah mulai melangkah lebih maju dalam pemanfaatan Teknologi Informasi untuk pelayanan publik dan pemerintahan. Ini menunjukan komitmen Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam menerapkan SPBE sangat besar dan serius", terangnya.


Dikatakan Suhatri Bur, bahwa SPBE merupakan transformasi dari elektronik government (e-Government) ke Integrated Government (i-Government). Dengan demikian, berbicara SPBE maka fokusnya adalah integrasi - interoperabilitas. 


"Oleh sebab itu, kolaborasi antar penyelenggara SPBE di Pemerintahan  Daerah Kabupaten Padang Pariaman sangat penting karena 4 pilar SPBE yang dikenal dengan Domain SPBE yaitu kebijakan, Tata Kelola, Manajemen dan Layanan SPBE, tidak bisa diselenggarakan hanya oleh Dinas Komunikasi dan Informatika,"ujarnya


Lanjut dia karenanya, e-goverment diharapkan mampu meningkatkan mutu, kualitas, serta kuantitas dari layanan publik yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat. 


"e-government muncul sebagai bentuk tanggapan atas adanya kebutuhan masyarakat akan layanan publik yang diberikan oleh pemerintah dan jalannya pemerintahan. Hal ini juga sebagai wujud dalam mengimplementasikan program nasional tentang transformasi digital tahun 2021", terangnya.


Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zahirman, dalam laporannya menyebutkan. Dalam rangka implementasi SPBE Padang Pariaman merupakan salah satu pilot oroject ditetapkan sebagai smart city dari 100 Kabupaten se Indonesia.


"Pemerintah daerah sudah banyak memiliki sistem informasi, termasuk website. Sehingga diperlukan launching aplikasi untuk memudahkankan pengelolaan pemerintahan maupun pelayanan kepada masyarakat, termasuk website," ungkap Dia.


Tentunya lanjut Zahirman, sesuatu yang memudahkan ini dilakukan, agar bisa diwujudkan sekaligus penandatangan komitmen. "Aplikasi ini nantinya tidak hanya sebagai pajangan, tetapi selalu memanfaatkan sistem informasi ini dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat," ungkapnya.


Zahirman juga menambahkan, aplikasi terpadu Intan Bernik merupakan cikal bakal Aplikasi di Padang Pariaman. Dimana dengan membuka Intan Bernik akan dapat melihat dan menggunakan seluruh Aplikasi dan Website yang sudah existing atau dibangun di Padang Pariaman.


Seperti 7 Aplikasi diantaranya e-Kinerja, Simpeg, e-TPP, SIAPKAN, Padati, Pasa Nagari, Antrian Online Puskesmas, Sigda Generik), Dukcpail ceria, layanan Perizinan (Simpel), Layanan Pajak dan  Keuangan (e-BPHBTB, e-Tax), JDIH dan 121 Website serta aplikasi lainnya yang akan dikembangkan.


"Pembangunan Smart City tidak sekedar mengedepankan efesiensi birokrasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), namun juga bagaimana membangun masyarakat dengan menjadikan infrastruktur dan sarana TIK sebagai faktor pendukung atau enabler," ungkap Zahirman. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!