Breaking News

March 9, 2022

UNP Kuliah Umum Bersama Ketua MWA ITS, Pror. Dr. Mohammad Nuh, DEA


FS.Padang(SUMBAR)-Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA yang merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014 dan juga saat ini adalah Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) PTN BH Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).


Kuliah Umum yang mengambil tema “Mempersiapkan Sumber Daya Unggul melalui Transformasi PTNBH” tersebut dilangsungkan di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Selasa (8/3).


Dalam arahannya Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan, bahwa UNP harus terus berbenah, karena dari dibandingkan dengan 15 PTNBH lain di Indonesia, UNP masih tertinggal dalam beberapa hal, misalnya dari SDM dosen. 


"Dengan ketertinggalan itu menjadi tantangan yang harus dicapai oleh sivitas akademika UNP. Dengan menghadirkan bapak Mohammad Nuh sebagai Ketua MWA ITS, kita akan berbagi pengalaman bagaimana strategi ITS dalam membangun PTN BH, dan bagaimana ketiga unsur di PTNBH, yakni MWA, Senat Akademik Universitas dan Rektor membangun sinergritasnya,” kata Rektor Ganefri yang saat ini juga dipercaya sebagai Ketua Majelis Pendidikan Tinggi ICMI Pusat ini di hadapan peserta yang merupakan unsur pimpinan UNP dan perwakilan mahasiswa.


Sementara itu pembicara tunggal Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA yang saat ini menjadi komisaris utama Bank Mega Syariah mengatakan, sejak menjadi PTN BH, sebuah perguruan tinggi tak akan terlepas dari tiga komponen yaitu Otonomi, Otoritas dan Kompetensi.


"Untuk itu diperlukan capaian dan loncatan dalam segala hal, maka peran inovasi menjadi sebuah kewajiban, setiap elemen dari tingkat Rektor sampai program studi harus berpikir untuk melahirkan inovasi-inovasi. Mustahil sebuah harapan tercapai kalau hanya diserahkan pada rektor semata, semua unsur harus bersinergis atau bermitra," kata Mohammad Nuh.



Selain itu, lanjut Nuh, PTNBH harus tetap komitmen bahwa ia adalah PTN, artinya tetap memberi peluang pada mahasiswa dari kalangan ekonomi lemah melalui beasiswa dan program lain seperti afirmasi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Pada kegiatan seminar yang juga live youtube UNP ini, dihadiri 300 lebih peserta ini, selain dihadiri pimpinan UNP, juga dari tenaga kependidikan, anggota SAU dan MWA serta ketua unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan UNP. Bertindak sebagai moderator Dr.rer. nat Deski Beri, M.Si Dosen Departemen Kimia FMIPA UNP yang juga saat ini merupakan Sekretaris Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI). (Er/ Humas UNP).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!