Breaking News

January 26, 2023

Ajarkan Budaya Minangkabau, TK Darul Falah Gelar Makan Bajamba


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Kenalkan budaya alam Minangkabau, santri Taman Kanak-Kanak Islam Darul Falah gelar kegiatan Makan Bajamba di Rumah Gadang Datuak Lelo Anso, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Kamis (26/1).


Selain makan bajamba, para santri juga memakai pakaian adat dan diajarkan makan sesuai adat makan bajamba Minangkabau.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan salah satu bagian Kurikulum Merdeka, yaitu pendidikan karakter.


Dikatakan, untuk menunjang pendidikan karakter mengacu kepada pelaksanaan dan penerapan yang diadakan sekolah bersangkutan.


"Seperti saat ini anak-anak diajarkan makan secara adat. Dari kecil jika mereka terbiasa, sampai dewasa akan diingat mereka," ujarnya.


Ali Tabrani berharap kegiatan ini berlanjut ke depannya dan guru-guru bisa memberikan yang terbaik untuk anak didiknya.


Sementara itu Kepala TK Darul Falah, Yesi Gustin, S.Pd menyampaikan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk melahirkan dan menghidupkan kembali nilai-nilai budaya ke anak-anak zaman milenial.


"Kita sama ketahui anak-anak kita saat ini jauh dari budaya Minangkabau. Maka kami menginisiasi melaksanakan kegiatan ini," katanya seraya menambahkan para santri diajarkan bagaimana cara makan bajamba di Rumah Gadang serta apa saja larangan saat makan bajamba.


Ketua Komite, Masrizal Datuak Lelo Anso mengajarkan  teknis makan bajamba ini. "Tradisi makan bajamba ini harus dijaga dan kita lestarikan, karena ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW," katanya. 


(Ernawati | Elin | Cigus)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!