Breaking News

February 21, 2023

Pastikan Status BIM Tidak Berubah Jadi Bandara Domestik, DPRD Sumbar Lakukan Hearing

                                                       21 Februari 2023

FS.Padang(SUMBAR)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi  Sumatera Barat melakukan rapat dengar pendapat atau hearing dengan pemangku kebijakan, terkait wacana pemerintah pusat yang akan memangkas sejumlah bandara internasional menjadi bandara domestik termasuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman.


Menyikapi munculnya wacana tersebut DPRD Subar segera melakukan haering bersama dengan stekoder terkait, termasuk pengusaha yang tergabung dalam kamar dagang dan industri (KADIN). 


Dalam hearing tersebut Ketua DPRD Sumbar mengatakan, melihat beberapa hari terakhir adanya kegaduhan di tengah-tengah masyarakat dan adanya keraguan masalah status  Bandara Internasional Minangkabau, dari status internasional turun menjadi Bandara domestik .


"Dari ekpos pemerintah provinsi, termasuk asisten II dan kadis pariwisata menyatakan, saat ini Bandara  Internasional Minangkabau  masih aman dan masih tetap status nya Bandara Internasional Minangkabau,dan kemungkinan turun menjadi domestik sangat kecil atau cendrung tidak," Ungkap Ketua DPRD Sumbar Supardi, usai rapat Selasa (21 /2/2023) di ruang sidang utama Gedung DPRD setempat. 


Ditambahkan Supardi, dari 35 Bandara, yang mau dijadikan Bandara Internasional ada16, diantatnya BIM masih termasuk di dalam posisi  tersebut. 


"Kita di pemerintah provinsi tetap akan mengirimkan surat pada pemerintah pusat, agar Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ini harus  tetap dipertahankan menjadi Bandara Internasional Minangkabau sampai kapanpun," tambah Supardi. 


Kata dia, ada beberapa kajian kalau BIM itu  posisi nya sangat urgen dan strategis di Sumatera Barat, tidak hanya menyangkut dengan masalah  pariwisata, namun juga adanya  pendekatan pariwisata dengan  negara tetangga sesama suku melayu.


"Suku Minang secara pendekatan emosinal yang terbangun antara kita dengan negara jiran Itu membuktikan keberadaan BIM itu sendiri amat dibutuhkan banyak pihak, tentunya tidak mungkin menjadi domestik, sementara selai Malaysia, kita juga melakukan kerjasama dengan Korea serta beberapa negara lainnya sejak dulu,"katanya.


Supardi juga berharap pada pemerintah provinsi, agar tetap berkirin surat ke pemerintah pusat, dengan mencantumkan narasi -narasi, sebagai bahan pertimbangan nantinya, sehingga ke depan BIM tetap bertahan menjadi bandara Internasional. 


Dalam hearing juga tampak Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatera Barat Sari Lenggogeni, PT. Angkasa Pura II, Kadin, Asita, PHRI, komunitas pariwisata serta Sekdaprov Sumbar.


Menyikapi pertemuan tersebut Kadin Sumbar dan yang lainnya merasa senang, dan siap untuk mendukung pemerintah Provinsi dalam mempertahankan BIM tetap menjadi Bandara Internasional, karena menyangkut marwah daerah ini. 


"Kita semua pengusaha yang ada di daerah ini siap mendukung pemerintah provinsi dan DPRD Sumatera Barat, dalam mempertahankan  BIM tetap berstatus internasional," ungkap yang mewakili Ketua KADIN Sumbar Buchari Bachter pada pertemuan tersebut.(***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!