Breaking News

March 30, 2023

Dinsos Muba Undang para Operator Desa Kenalkan Aplikasi SIK-NG


FS.Muba(SUMSEL)-
Guna memberikan pemahaman kepada operator diseluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dinas Sosial Muba menggelar pelatihan pengenalan dan cara penggunaan aplikasi SIKS-NG. 

Operator desa dikenalkan cara penggunaan proses penginputan data warga yang tidak mampu atau warga miskin menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial- Next Generation (SIKS-NG).

"Semua proses usulan bantuan sosial datangnya dari desa dan kelurahan yang tentunya memerlukan operator desa. Karena ada perubahan tata cara input usulan bansos dan verifikasi kelayakan terbaru di Aplikasi SIKS-NG, karena itu kami mengundang operator desa agar mendapatkan pemahaman dan menjalankan tugasnya,” kata kepala bidang FPM Syarif didampingi PPTK Herman Munir.

Syarif juga mengatakan, aplikasi SIKS-NG dibuat untuk mengolah dan memperbarui basis data terpadu yang dapat diakses oleh operator desa dan dinas sosial di kabupaten dan provinsi Se-Indonesia. Operator desa bertugas melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan secara akurat, up to date dan terintegrasi. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Ardiansyah mengatakatan pertemuan pengenalan aplikasi SIKS-NG perlu dipahami operator desa untuk mencapai tujuan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan. 

"Penanganan penanggulangan kemiskinan diperlukan data yang akurat dan update sehingga penerima bantuan sosial mendapatkan bantuan tepat sasaran. Karena itu, saya meminta agar operator desa dapat memperhatikan dengan jeli kondisi masyarakat diwilayahnya yang benar-benar masyarakat tidak mampu wajib didata dan terus diverifikasi secara update, apakah ada warga yang kurang tepat sasaran atau ada data yang invalid mungkin sudah meninggal dunia atau ganda, operator desa yang lebih tahu warga sekitarnya,setiap warga yang tidak mampu atau warga miskin perlu didata dan diinput berdasarkan NIK, KK sesuai by name by address ” kata Ardiansyah.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!