Breaking News

Saturday, April 08, 2023

BAZ Padang Pariaman Distribusikan Zakat Kepada Organisasi Profesi dan Kepemudaan

Bupati Suhatri Bur Serahkan Zakat Secara Simbolis Kepada Perwakilan Tagana


FS.Padang Pariaman---Badan Amil Zakat (BAZ) Padang Pariaman Distribusikan Zakat Kepada Organisasi Profesi dan Kepemudaan  dengan jumlah penerima sebanyak 329 orang di Mesjid Raya IKK pada Jum'at (7/04).



Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan, penyerahan zakat kepada mustahiq di Mesjid Raya IKK Padang Pariaman bukanlah bermaksud untuk ria ataupun mencari popularitas


"Sengaja kita kumpulkan para penerima zakat di mesjid ini, hikmahnya adalah mengajak umat untuk lebih dekat dan mencintai mesjid. Apalagi dibulan ramadhan, yang mana kita memang dianjurkan banyak-banyak untuk melakukan dan berbuat ibadah kepada Allah,"ujar Bupati

Seterusnya, Kata Bupati zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang berkecukupan untuk mengeluarkannya. Baik itu diberikan secara sukarela atau pun diminta pada muzakkinya, tentunya melalui lembaga Amil Zakat yang telah berbadan hukum.

Pada kesempatan itu juga Ketua Baz Padang Pariaman Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan, pengumpulan zakat dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan. 

Pada tahun 2021 terangnya, Zakat terkumpul sebanyak 8,2 Miliar, dan tahun 2022 kemarin ditargetkan 10,2 Miliar namun dapat dicapai sebanyak 11 Miliar. 

"Tahun 2023 ini kita menarget 13 Miliar, pengumpulan dari Januari - April ini telah mencapai Rp. 2.577.980.676,- dan telah disalurkan sebanyak Rp. 736.971.425,-," sebutnya.

Semua capaian ini, kata Rahmat tidak terlepas dari binaan dan kontribusi Bupati Padang Pariaman yang selalu memberi luang dan akses kepada Baznas. 

Untuk itu, dia berharap selalu dukungan Bupati Padang Pariaman dan semua pihak, karena keterlibatan semua pihak akan dapat menjamin ketercapaian target yang telah ditetapkan. 

"Kita sama-sama berharap kedepannya selalu ada peningkatan pengumpulan zakat ini. Maka jangan lupa kepada masyarakat Padang Pariaman untuk menyalurkan zakatnya melalui UPZ yang telah dibentuk di masing-masing nagari," tambahnya mengajak.

Lebih lanjut doktor penggerak pendidikan pondok pesantren ini menegaskan kepada para muzakki yang ada di ranah maupun yang di rantau. Untuk menyalurkan zakatnya ke Baznas Padang Pariaman, agar penyalurannya bisa satu pintu. 

"Bagi para muzakki yang sudah punya mustahik dalam penyaluran zakatnya selama ini akan diakomodir oleh Baznas melalui mekanisme yang ada di Baznas,"tutup nya

Sementara penerima zakat di Mesjid Raya IKK Ramadhan 1444 H, tahun 2023 sebanyak 7.269 mustahig. Dengan jumlah dana zakat yang didistribusikan sejumlah Rp.1.752.100.000., (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!