Breaking News

April 15, 2023

Bupati Suhatri Bur Membuka Kontes Ternak Di Kampung Paneh

Bupati Suhatri Bur Saat Membuka Pergelaran Kontes Kerbau Gadang Di Pasar Tenak Kampung Paneh

FS.Pakandangan,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka pergelaran Kontes Kabau Gadang di Pasar Ternak Kampuang Paneh Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, pada Kamis (13/04). 


Kontes yang digelar mengikutkan kurang lebih 110 ekor ternak yang dibawa oleh 82 orang peternak dari berbagai nagari dan kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.


Pada kesempatan itu, dalam arahannya Suhatri Bur menyampaikan bahwa jelang Hari Raya Idul Fitri ini kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging meningkat drastis. 


Sejalan dengan itu, katanya, diperlukan hewan pedaging yang sehat dan berkualitas sehingga masyarakat tidak waswas dalam mengkonsumsinya. Karena diketahui, Padang Pariaman termasuk salah satu kabupaten yang tingkat penularan tinggi penyakit PMK tahun 2022 lalu. 


"Ajang ini sangat tepat dilaksanakan saat ini karena jelang lebaran kebutuhan akan konsumsi daging sangat tinggi, sehingga para pedagang daging bisa menghadirkan daging yang sehat untuk dikonsumsi masyarakat," sebutnya. 

Lebih lanjut dia menambahkan, ajang ini katanya, juga menjadi pembuktian kepada para peternak, menghadirkan hewan ternak yang sehat merupakan sebuah keharusan.


"Kita apresiasi dan sangat mendukung kegiatan ini dan semoga akan memotivasi para peternak kita untuk terus meningkatkan kualitas ternaknya khususnya ternak kerbau," tuturnya mengapresiasi. 


Disamping itu lanjut Suhatri Bur, pergelaran ini juga akan menjadi ajang promosi pasar ternak. Bahkan katanya, juga sebagai penjaringan ternak kerbau untuk diikutkan dalam lomba dan Kontes ternak di tingkat provinsi yang akan digelar pada tanggal 10-15 Juni 2023 mendatang di Kota Padang. 


"Para pemenang nantinya akan kita ikutkan pada lomba tingkat provinsi dan diikutkan pada pameran hewan tersehat dalam ajang Penastani tahun 2023 di Kota Padang," tutupnya. 


Hal yang sama juga disampaikan sebelumnya oleh kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Arkadius. 


Dia menambahkan bahwa yang dilombakan dalam kontes ini adalah kerbau yang paling besar, sehat, dan berkualitas bebas dari penyakit mulut dan kuku. Dia menghadirkan penilai dari tim teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padang Pariaman.  


"Saat kontes berlangsung juga akan ada transaksi jual beli antara perternak dengan pembeli dan pedagang lainya," katanya singkat.


Sementara Ketua Panitia Pergelaran Dedi Edwar menyampaikan, Kontes Kabau Gadang adalah sebuah tradisi jelang lebaran. Kontes ini katanya, di gelar oleh Ninik Mamak Nagari Pakandangan yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung.


"Kontes kali ini merupakan tahun ketiga dalam pelaksanaanya. Semoga tahun berikutnya para peternak kita akan menjadi lebih bersemangat lagi menjadi pengusaha ternak yang sukses,"tuturnya. 


Kontes ini juga menjadi ajang memperebutkan hadiah dan tropi lepas Bupati Padang Pariaman. Dipilih sebagai pemuncak juara 1, 2, dan 3 serta mendapatkan tabanas dengan nominal yang berjenjang. Untuk Juara 1 Rp2.000.000,- dan Juara 2, Rp1.500.000,-, kemudian Juara 3 mendapat Rp.1.000.000,-.


Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Satu Pol PP Damkar, Camat Enam Lingkung Joni Firman, wali nagari, ketua KAN dan Ninik Mamak Pakandangan. (FS)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!