Breaking News

April 18, 2023

Dibangun 2,1 M, Irigasi Cubadak Mentawai Tidak Mampu Alirkan Air Kesawah

Terlihat Kincir Air Aliran Irigasi di Desa Cubadak Mentawai

FS.Pariaman---Jaringan Irigasi Baru Yang dibangun pada tahun 2022 di Desa Cubadak Mentawai yang bertujuan untuk mengaliri sawah di Dusun Sawah Aru malahan tidak mampu mengalirkan air.



Dari hasil penelusuran lapangan terlihat aliran irigasi sepanjang 100 m tersebut, yang mengandalkan aliran sungai batang antokan dengan menggunakan penggerak kincir besi.


Namun kincir itu sulit untuk berputar karena kapasitas berat tidak sesuai dengan tekanan air yang mengalir, sehingga daya putarnyapun lemah.


Seorang pemuda setempat Riki, mengatakan pekerjaan pembuatan aliran irigasi dan kincir besi itu, selesai dikerjakan pada bulan desember 2022.


"Putaran kincir airnya masih tersendat-sendat. Mungkin terlalu berat, karena semua komponennya terbuat dari besi,"ujar Riki kemarin.


Riki mengungkapkan, air nya tidak bisa mengalir kesawah lantaran badan irigasi lebih rendah dari permukaan sawah warga. Sehingga setiap air yang akan mengalir masuk, membalik lagi ke saluran irigasi.


Irigasi Desa Cubadak Mentawai

Terpisah Kepala Desa Cubadak Mentawai Azwirman mengatakan, Meskipun irigasi itu terletak di desanya. Namun rencana pembangunan irigasi itu tidak diketahuinya. 


"Ketika sudah mulai membangun dan menemui masalah baru saya yang dihubungi. Saya juga sempat dimintai tanda tangan bahwa ada kendala lahan yang akan digunakan dengan warga,"ungkap dia.


Berdasarkan data yang dihimpun melalui LPSE Kota Pariaman, pembangunan irigasi tersebut merupakan pekerjaan tender jenis kontruksi Pemko. Pariaman dengan pemenang PT. Lansano Jaya Mandiri Beralamat Jl. Madura Blok E/17 Ulak Karang Padang.


Dengan Nama: Pembangunan Jaringan Irigasi Desa Cubadak Mentawai Di Air Santok, no kode: 2708663

Nilai HPS: Rp 2,6 Milyar
Nilai Kontrak : Rp 2,1 Milyar 


Pada Senin (18/04/23) awak media mencoba mendatangi kantor PUPr Kota Pariaman menemui Kepala Dinas Novriadi Syukri.


Setelah ditemui di ruang kerjanya, dan dimintai untuk wawancara namun Nono menolak. Dengan alasan tidak bisa wawancara saat itu. (wrm)






No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!