Breaking News

April 4, 2023

Vaksin nOPV2 Bio Farma, Percepat Pulihkan Indonesia dari Polio

Ilustrasi: Box Penyimpanan Vaksin nOPV2


FS. Jakarta---Pada November 2022, wabah polio kembali merebak di Pidie, Aceh, penyebabnya adalah kombinasi berbahaya dari cakupan imunisasi yang rendah dan kondisi lingkungan yang tidak sehat.


Ini adalah kejadian pertama sejak Indonesia dinyatakan bebas polio pada tahun 2014, dimana Indonesia mendapatkan sertifikat Bebas Polio dari World Helath Organization (WHO pada tahun 2014)


Pemerintah menetapkan status kejadian luar biasa polio usai ditemukan satu kasus polio tipe 2 di Pidie, Aceh. Saat ini ada 3 Provinsi yang sudah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio, diataranya Aceh, Sumatra Utara dan Jawa Barat. 


United Nations Children's Fund (UNICEF) telah menyediakan sekitar 10 juta dosis Vaksin nOPV2 produksi Bio Farma untuk pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) agar mencegah penambahan kasus polio di Indonesia. 


Sekretaris Perusahaan Bio Farma, Rifa Herdian menyampaikan bahwa Bio Farma mengutamakan pemenuhan kebutuhan vaksin polio dalam negeri. 


“Bio Farma selaku produsen vaksin, telah mengekspor produknya kelebih dari 150 negara dan memenuhi 70% kebutuhan vaksin polio di dunia.” ujar Rifa. 


Lanjut nya, Bio Farma memiliki kapasitas produksi Vaksin nOPV2 lebih dari 500  juta dosis per tahun, dan saat ini sedang berjalan instalasi FIlling line 2 untuk menambah kapasitas nOPV2. 


"Kami mengekspor vaksin nOPV2 sebanyak 300 – 400 juta dosis per tahun. Namun, sebagai BUMN Farmasi, Bio Farma berkomitmen untuk mendukung program pemerintah. Kami akan mengutamakan pemenuhan kebutuhan Vaksin nOPV2 untuk masyarakat Indonesia terutama yang terdampak KLB,"paparnya. 


Lebih lanjut dia menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, membutuhkan alokasi Vaksin nOPV2 untuk penanganan outbreak di Indonesia sebanyak 15 jt dosis, untuk wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Jawa Barat. 


Bio Farma secara bertahap  mendistribusikan vaksin nOPV2  berdasarkan koordinasi bersama Kementerian Kesehatan.  


Bio Farma berperan aktif untuk percepatan pengembangan dan produksi vaksin nOPV2, sebagai strategy end-game polio di dunia.


Novel Oral Polio Vaksin tipe 2 (nOPV2) adalah vaksin polio generasi baru yang pertama didunia, dan merupakan hasil penelitian dari induk Holding BUMN Farmasi BUMN, Bio Farma. 


Secara uji klinis, nOPV2 ini, memberikan perlindungan yang sama terhadap virus polio tipe 2, dengan keunggulan lebih stabil secara genetik, dan memiliki kemungkinan yang kecil untuk kembali terjadinya cVDPV atau (Circulating Vaccine Derived Poliovirus) yakni munculnya kembali kasus polio dari mutasi virus dalam vaksin. (Fs)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!