Breaking News

May 9, 2023

Bupati Sarolangun Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023


FS.Sarolangun(JAMBI)-
Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, Senin (08/05/2023) di lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Upacara tersebut dipimpin langsung Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius diwakili Danramil 04-420 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, Kajari Sarolangun atau mewakili, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, Ketua Pengadilan Agama Kab. Sarolangun, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Para asisten dan staf Ahli Bupati, Kadis Dikbud Sarolangun M Arsyad, SH, M.Pd.I, Para kepala OPD Di lingkungan Pemkab Sarolangun serta ribuan peserta upacara.

Hardiknas merupakan hari nasional tahunan yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional.

PJ Bupati Henrizal, Danramil Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, jajaran forkompinda dan kepala OPD yang hadir

Dalam amanatnya, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal membacakan pidato Mentri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim.

Henrizal mengatakan Mendikbudristek RI tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar. Hal ini selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Kemdikbudristek telah mengumumkan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.”

Selain itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga mencanangkan bahwa bulan Mei 2023 menjadi Bulan Merdeka Belajar. Berdasarkan Surat Edaran tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, teks pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) ini dapat dibacakan saat upacara.

” Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” katanya.

Kadis Dikbud Sarolangun H Arsyad, SH, M.Pd.I, Sekretaris Disdikbud Zulhitmi, M.Pd.I beserta jajaran

Henrizal juga menjelaskan bahwa Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

” Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” katanya.(RS)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!