Breaking News

May 26, 2023

Pemko. Solok Laksanakan Workshop Pengolahan Hasil Pangan Lokal, Non Beras-Non Terigu

Workshop Pengolahan Hasil Pangan Non Beras- Non Terigu

FS.Kota Solok (SUMBAR) - Untuk  mendukung percepatan penganeka ragaman konsumsi pangan masyarakat berbasis sumber daya lokal, Dinas Pangan Kota Solok lakukan Workshop Pengolahan Pangan Lokal bagi pelaku usaha pangan lokal, bertempat di Aula Rapat SMKN l Kota Solok, pada Kamis (25/05/23).


Peserta dari kegiatan ini berasal dari Bundo Kanduang Kelurahan sebanyak 130 orang yang dibagi menjadi 2 angkatan, angkatan pertama sebanyak 65 orang dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 23 Mei 2023 dan angkatan kedua sebanyak 65 orang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 25 Mei 2023.


Kegiatan workshop dilaksanakan selama 2 (dua) hari untuk masing-masing angkatan dimana hari pertama berupa teori bertempat di Aula SMKN 1 Solok dan hari kedua berupa praktek bertempat di Labor Tata Boga SMKN 3 Kota Solok.


Acara dibuka oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, dalam sambutannya  menyambut baik adanya program pendampingan pengolahan pangan lokal oleh Dinas Pangan Kota Solok.


“Kita berharap kegiatan ini nantinya dapat berlanjut sehingga dapat mengembangkan wisata kuliner di Kota Solok. khususnya untuk olahan pangan lokal, yang kedudukannya mulai tergeser oleh makanan-makanan moderen. Semoga kedepannya produk olahan pangan lokal dapat bersaing dari segi kualitas dan rasa,"harap Wawako.


Wakil Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, dalam sambutannya juga menyampaikan peran yang sangat penting dimulai dari keluarga hingga masyarakat.


"Sebagai diri pribadi, sebagai istri dan sebagai ibu yang menjadi tauladan dalam keluarga dan masyarakat. Begitu juga kita juga mempunyai peran penting dalam masyarakat untuk meningkatkan kesehatan anggota keluarga melalui makanan sehat dan bergizi,"kata nya


Dia mengatakan, makanan sehat dan bergizi merupakan makanan yang kita konsumsi dalam jumlah cukup dan beragam sumbernya, baik sumber karbohidrat, protein dan vitamin dengan memanfaatkan sumber pangan lokal disekitar kita.


Efrizal Hasdi selaku Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Solok dalam laporannya menyampaikan bahwa, “Tujuan diadakan workshop ini yaitu mendorong pemanfaatan pangan lokal non beras non terigu dalam mengolah berbagai aneka makanan.


"Meningkatkan motivasi pelaku usaha pangan lokal dalam mengembangkan usaha pengolahan pangan lokal, dan juga mendorong kualitas pangan lokal agar dapat bersaing dengan makanan-makanan moderen yang semakin banyak beredar ditengah-tengah masyarakat,” jelas Efrizal. (Am/Fs)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!