Breaking News

Monday, July 03, 2023

Mewakili Bupati Eka Putra, Sekda Iqbal Ramadi Payana Sampaikan Jawaban Pemandangan Umum Fraksi terhadap Tiga Ranperda


FS. Tanah Datar (SUMBAR),– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar kembali menggelar Rapat Paripurna, Senin (03/07) di Ruang Sidang Utama DPRD setempat. Sidang lanjutan ini menggelar agenda Jawaban Bupati Tanah Datar terhadap Pemandangan Umum fraksi-fraksi terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022.


Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Datuk Bungsu didampingi Wakil Ketua Saidani dan Sekretaris Dewan Yuhardi.

Sidang dihadiri anggota DPRD Tanah Datar, Forkopimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala BUMN /BUMD, Camat se-Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar serta undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar Eka putra yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana menyatakan setuju dan sependapat dengan semua fraksi yang menyatakan agar tetap mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di mana Kabupaten Tanah Datar telah mendapatkan predikat WTP 12 kali dimana 11 kali diterima berturut-turut (juga menjadi daerah pertama di Sumatera Barat).

Sementara terkait pertanyaan Partai Nasdem yang menanyakan upaya Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Sekda Iqbal katakan bahwa di tahun 2023 Pemerintah Daerah telah menganggarkan kembali untuk penyelesaian pembangunan gedung MPP tersebut yang saat ini sedang dalam proses tender.

Terkait Perda RTRW 2022-2042 Kabupaten Tanah Datar, yang belum tertuang dalam bentuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Sekda Iqbal katakan, “Penyusunan RDTR sebagai tindak lanjut Perda Nomor 5 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2022 sampai 2024. Saat ini sedang dalam proses persiapan pengumpulan basis data pendukung untuk penyusunan RDTR tersebut”.

Untuk saran dari Fraksi Demokrat agar temuan BPK RI yang telah tertuang di LHP, menjadi catatan dan akan ditindaklanjuti.

Sekda Iqbal sampaikan terima kasih Fraksi Demokrat yang telah memberikan apresiasi kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra atas keberhasilan dalam pembangunan di bidang pertanian yang yang telah memperoleh berbagai penghargaan.

Sementara pertanyaan dari Fraksi PKS tentang berapa panjang jalan dan lokasi pembangunan jalan selama Tahun 2022, pembangunan atau peningkatan Jalan dilaksanakan sepanjang 18,39 km pada 15 ruas jalan kabupaten yang tersebar di beberapa Kecamatan di Tanah Datar.

Sementara untuk jembatan yang dilaksanakan adalah 3 unit yaitu Jembatan Tanjung Nagari Andaleh Kecamatan Sungayang, Jembatan Tapian Kelambu Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo dan Jembatan Sialahan Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan.

Kemudian terkait pembangunan irigasi yang telah berhasil dibangun Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dari anggaran Tahun 2022 yaitu kegiatan rehabilitasi atau perbaikan irigasi sebanyak 21 berapa Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar.

Di akhir penyampaiannya, Sekda Iqbal menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pertanyaan saran dan masukan yang disampaikan oleh 8 fraksi DPRD Kabupaten Tanah Datar.

“Kritik saran masukan maupun pertanyaan yang disampaikan fraksi-fraksi DPRD Tanah Datar merupakan bentuk perhatian yang tulus dan dukungan dari dewan yang terhormat kepada Pemerintah Daerah. Terima kasih atas kritik saran dan masukan serta pertanyaan yang disampaikan semoga menjadi bahan evaluasi untuk kinerja Pemerintah Daerah lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!