Breaking News

Saturday, August 05, 2023

Pemko. Solok Gelar Pelatihan Kepala Sekolah

Walikota Solok Saat Membuka Pelatihan Untuk Kepala Sekolah di Kota Solok

FS.Kota Solok (SUMBAR) - Dinas Pendidikan  Kota Solok, Sumatera Barat, memberikan pelatihan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja  agar dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah pada Kamis (03/08/23)


Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad menyebutkan kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 54 kepala sekolah dan pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok.


Irsyad mengatakan saat ini perkembangan pendidikan menuntut peningkatan kualitas manusia untuk menghadapi tantangan di masa depan.


"Selama pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah ini tentunya banyak ilmu yang dapat diserap dari narasumber," ucapnya.


Ia menyebutkan pelatihan diikuti 54 peserta yang terdiri atas enam kepala sekolah SMP, 41 kepala sekolah SD, dan tujuh pengawas sekolah.


Sambutan Wali Kota Solok H.Zul Elfian Umar mengatakan kepala sekolah sebagai insan pendidikan tentu telah memahami kontribusi yang harus diberikan kepada bangsa dan negara.


"Karakter manusia yang diinginkan telah tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional," katanya.


Dalam UU tersebut disebutkan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


"Diperlukan upaya strategis dan sistematis dalam meningkatkan kualitas manusia melalui pendidikan. Untuk itu, nilai-nilai pendidikan karakter hendaknya dilaksanakan secara komprehensif di sekolah melalui aktifitas intrakurikuler dan ekstrakurikuler," jelasnya.


Selanjutnya, kepala sekolah bertugas merencanakan, mengontrol, dan melakukan perbaikan berkelanjutan sebagaimana realisasi perubahan kurikulum.


"Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk personaliti kepala sekolah yang tangguh, penuh keteladanan, dan memiliki visi kepemimpinan," katanya.


Juga diharapkan mampu membawa bangsa dan negara mencapai cita-cita, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta berdaya saing global melalui pengelolaan sekolah yang efektif. (Am/Fs).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!