Breaking News

August 30, 2023

Walikota Solok Audiensi Bersama KONI Pusat Terkait Rancana Tuan Rumah Porprov 2025

Walikota Solok Saat Bertemu Ketua KONI Pusat Luciano Norman

FS.Kota Solok (SUMBAR) --- Wali Kota Solok adakan audiensi dengan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Luciano Norman bertempat di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/8/23). 


Wali Kota Solok Zul Elfian melaporkan kondisi Kota Solok terkini khususnya dalam pengembangan keolahragaan, mulai dari prestasi olahraga sampai rencana Kota Solok tuan rumah porprov tahun 2025.


Wali Kota Solok juga menyampaikan bahwa olahraga menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Solok dalam membangun dan mengembangkan pembangunan karakter dan jati diri bangsa serta pembentukan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.


Olahraga sebagai salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga sangat membantu Pemerintah Daerah di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah melalui sport tourism.


"Pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana olahraga yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat Kota Solok menjadi salah satu prioritas, yang keberadaannya saat ini masih sangat minim dan belum memenuhi standar. Baik untuk sarana dan prasarana olahraga tradisional maupun olahraga moderen,"imbuhnya.


Dalam laporan nya, Wali Kota Solok menyampaikan upaya percepatan penyelesaian pembangunan Stadion H. Marah Adin yang telah sampai ke tahap IV dari V tahapan yang direncanakan.


Selanjutnya Wali Kota Zul Elfian juga menyampaikan selama ini telah dilakukan pelaksanaan melalui APBD Kota Solok dan juga bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.


“Mengingat satu-satunya kota yang belum memiliki stadion olahraga serta ditambah lagi rencana keinginan Kota Solok menjadi tuan rumah Porprov 2025. Penyelesaian stadion menjadi sangat prioritas. Akan tetapi, keterbatasan keuangan daerah menjadi kendala dalam penyelesaiannya. Mohon juga dukungan Pak Ketum dengan juga ikut mengkomunikasikan dengan Kemenpora,” ungkap Wako.


Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman didampingi Wakil I Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) Suwarno, Kabid Pembinaan Prestasi, Gugun Yudinar dan Kabid Humas Effendi Soen, menyambut baik kedatangan Wako Solok beserta jajaran.


Banyak pesan dan arahan yang disampaikan Ketum KONI Pusat terkait pengembangan olahraga di Kota Solok, termasuk pembinaan olah raga prestasi.



Marciano juga sangat merespon harapan Wako Solok dan berjanji akan membantu dalam hal upaya percepatan penyelesaian pembangunan Stadion H. Marah Adin.


“Terkait tuan rumah Porprov, saya sarankan pak Wali untuk dapat mengkomunikasikan kembali dengan Gubernur termasuk KONI. PON baru selesai pada 2024, tentunya 2025 merupakan persiapan. Ada baiknya Porprov dilaksanakan tahun 2026 karena PON berikut di 2027,”jelasnya.


Di samping kelapangan waktu mempersiapkan kelengkapan venue penyelenggaran, dengan penundaan juga ada waktu persiapan atlet. Karena, menurutnya, dari hasil evaluasi penyelenggaraan Porprov di beberapa provinsi, kecenderungan persiapan altet yang jauh dari siap, sehingga risiko cedera dapat diminimalisir.


Untuk pembinaan prestasi olahraga, Marciano mengingatkan Wako Solok untuk lebih memprioritaskan Cabor yang menjadi unggulan daerah dari 17 Cabor yang masuk Disain Besar Olahraga Nasional (DBON).


Marciano berpesan, Selain pembinaan prestasi secara keseluruhan Cabor, tentunya ada yang menjadi unggulan di daerah. Pesan saya sesuaikan dengan potensi Cabor yang ada di Kota Solok, dan itu dijadikan unggulan untuk mewakili daerah dalam ajang Porprov, Porwil maupun PON.


“Prinsipnya KONI sekarang memberi ruang kepada seluruh daerah, KONI dan akan mendampingi serta mendukung dalam pembinaan dan peningkatan kemajuan olah raga di daerah,” tutup Marciano.


Turut mendampingi Wali Kota Solok dalam audiensi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Nurzal Gustim bersama Ketua KONI Kota Solok, Rudi Horizon. (Am/Fs).


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!