Breaking News

Friday, September 29, 2023

Bawaslu Pariaman Gelar Rapat Koordinasi Pencegahan Penyelesaian Sangketa Pemilu

Ketua Bawaslu Riswan Membuka Rakor Pencegahan Penyelesaian Prosen Sangketa Pemilu 2024

FS.Pariaman --- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Penyelesaian Sangketa Pemilu 2024 di RM. SMB pada Jum'at (29/09/23)



Ketua Bawaslu Riswan menyampaikan, pada masa proses pencermatan daftar calon tetap ada kemungkinan, pertama  penggantian Bacaleg (Bakal Calon Legislatif) dari Parpol (Partai Politik).


"Kedua Bakal Calon yang diajukan yang Perpol harus menyertakan surat pengunduran diri. Yang mana hasil dari pengawasan kita ada beberapa Bacaleg yang mestinya harus melampirkan surat itu,"ujar dia


Nah Dimasa pencermatan ini kata Risawan, kita harus memperhatikan kapan batas akhir dari surat pengunduran diri tersebut.


"Makanya pada hari ini kita melakukan Rakor. Dengan parpol, dengan tujuan pertama untuk mengantisipasi proses sangketa nantinya. Kita sampaikan ke parpol terkait yang disampaikan tadi, harus diwaspadai,"ungkap Riswan


Termasuk juga persyaratan administrasi harus dilengkapi, kemudian pada penetapan DCT. Ada kerugian langsung yang dialami parpol oleh KPU.


"Maka Parpol berhak menyampaikan proses sangketa ke Bawaslu. Hal ini Parpol harus mengetahuinya. Terakit persyaratan pengajuan sangketa itu adalah kerugian secara langsung,"tutur Riswan (FS)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!