Breaking News

September 16, 2023

Komisi III DPRD Kota Solok Tinjau Persiapan Rang Solok Baralek Gadang

Komisi III DPRD Kota Solok Tinjau Persiapan Rang Solok Baralek Gadang

FS.Kota Solok (SUMBAR) --- Komisi III DPRD Kota Solok memantau persiapan tempat diselenggarakannya Event Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang akan berlangsung mulai tanggal 16–18 September 2023 di Hamparan Sawah Solok, Kamis (14/9/23).


Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III, Yoserizal serta didampingi oleh Wakil Ketua, Wazadly, Sekretaris, Hj. Rika Hanom dan anggota Andi Eka Putra, turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Pariwisata, Milda Murniati.


Ketua Komisi III, Yoserizal mengungkapkan berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Pariwisata persiapan Rang Solok Baralek Gadang sudah mencapai 85% dan kami lihat dengan waktu hanya tinggal dua hari lagi.


"Insya Allah semuanya bisa rampung sebagaimana yang telah  terjadwalkan. Walaupun demikian kami Komisi III mengimbau kepada Dinas Pariwisata dan OPD yang terlibat betul-betul mematangkan persiapan hingga esok hari,"Kata Yoserizal.


Begitu kita lihat di lapangan seperti panggung utama sudah terlihat hampir rampung dan selain itu jajaran stand untuk UMKM pun sudah mulai terpasang. Kami komisi III berharap kepada OPD terkait untuk menyediakan tempat untuk promosi ikonnya Kota Solok seperti Bareh Solok, Kopi Payo, Bunga Krisan dan lain sebagainya, sehingga para tamu yang berkunjung ke Event Rang Solok Baralek Gadang bisa membawa oleh-oleh sebagai cinderamata dari Kota Solok, jelasnya.


Selanjutnya Komisi III juga mengingatkan panitia agar memperhatikan fasilitas-fasilitas lainnya seperti tempat penyambutan tamu dan tidak kalah penting yaitu tempat parkir pengunjung.


"Kami mengingatkan kepada pengelola parkir jangan sampai memungut parkir melebihi standar yang telah ada, seperti kendaraan roda dua sebesar Rp2 Ribu dan untuk roda empat Rp5 ribu. Jika terjadi pemungutan melebihi aturan, tentu akan berdampak buruk terhadap nama baik daerah kita," pesan Yoserizal.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati, mengungkapkan untuk saat ini pihaknya masih memacu persiapan untuk pelaksanaan event Rang Solok Baralek Gadang. 


"Insya Allah satu hari lagi kami pastikan semuanya sudah siap sesuai jadwal," sebut Kadis yang juga pernah menjabat Ketua Bundo Kanduang Kota Solok itu.


Lebih lanjut, Milda menjelaskan, Rang Solok Baralek Gadang ini akan diawali dengan pawai budaya pada tanggal 16 September 2023 mulai pukul 08.00 WIB.


Selanjutnya rombongan akan berkumpul di hamparan Sawah Solok untuk mengikuti prosesi pembukaan event yang direncanakan akan dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, selain itu acara juga akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat.


"Setelah pembukaan seluruh pengunjung akan dijamu dengan makan baronjin serta pasambahan yang akan ditampilkan oleh panggung pidato adat Kota Solok dan siang harinya kegiatan akan diisi dengan berbagai penampilan tari dari pelajar sekolah dasar yang ada di Kota Solok,"papar Milda.


Milda juga menyampaikan, selain diisi dengan berbagai acara budaya seperti pertunjukan kesenian atraksi silek dalam sawah atau lebih dikenal dengan Basilumuh, Festival Alang-alang, lomba mesin bajak atau Basikakeh Roda Basi, Pacu Upiah dan permainan rakyat lainnya.


"RSBG 2023 juga akan diramaikan oleh Bazar kuliner, instalasi jerami karnaval bunga, pameran ikan hias, pameran tanaman hias, lomba merangkai bunga, lomba Aquascape, dan lomba photography,"jelasnya.


Pada tanggal 16 September 2023 atau malam minggu besok akan ada penampilan guest star Sanggar Darak Badarak, grup kesenian tradisional asal Kota Pariaman yang baru-baru ini sukses meraih juara dua pada ajang Indonesia’s Got Talent (IGT) Tahun 2023, tutupnya (Am/Fs).


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!