Breaking News

September 17, 2023

Pembukaan RBG Ditandai Dengan Penaburan Pupuk Kesawah

Pembukaan Rang Solok Baralek Gadang

FS.Kota Solok (SUMBAR) - Pembukaan Kegiatan Rang Solok Baralek Gadang (RBG) ditandai dengan penaburan pupuk Kesawah yang dibuka  Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI, Oni Yulfian pada Sabtu (16/09/23)


Kota indah bertajuk Kota Beras Serambi Madinah itu,  menonjolkan semarak kearifan lokal dalam event Rang Solok Baralek Gadang.


Diawali dengan Pawai Budaya yang diikuti seluruh Kelurahan, Siswa Sekolah dan paguyuban se-Kota Solok, arak-arakan kebudayaan itu berjalan pelan memperagakan keunikan sekaligus keaslian budaya Solok mulai dari Simpang Muhammadiyah – Tugu Carano – Simpang Denpal – Simpang Ambacang dan finish di Sawah Solok.


Kegiatan berlokasi dihamparan Sawah Solok yang menghijau, pembukaan event Rang Solok Baralek Gadang ditandai dengan penaburan pupuk oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra,  Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Oni Yulfian, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, Forkopimda Kota Solok.


Walikota Solok, Zul Elfian Umar mengucapkan terimakasih atas kedatangan seluruh tamu undangan di Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah guna menyaksikan prosesi pembukaan Rang Solok Baralek Gadang.ucapnya.


Melihat salah satu rahmat Allah SWT adalah dengan  memberikan Kota Solok tanah subur yang kemudian menghasilkan beras yang enak dan ternama, yakni Beras Solok.


"Kemenparekraf RI telah memberikan apresiasi dengan menunjuk Kota Solok menjadi salah satu rangkaian Kharisma Event Nusantara berupa event Rang Solok Baralek Gadang. Terimakasih atas semuanya dan kita bersama menyukseskan helat akbar ini,” papar Walikota Solok.


Walikota Solok berharap, kegiatan ini dapat memberikan hiburan bagi seluruh masyarakat dan tamu yang hadir. Semoga kegiatan ini dapat berjalan baik dan sukses sampai akhir.


Sementara itu Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda,  menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Pemko Solok yang telah terpilih dalam Kharisma Event Nusantara 2023


"Rang Solok Baralek Gadang 2023 dirancang khusus untuk meningkatkan dan mempromosikan pariwisata Kota Solok," ujarnya.


Menyemangati itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno diwakili Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Oni Yulfian menegaskan Kota Solok  berhasil terpilih kembali dalam Kharisma Event Nusantara 2023 untuk kali kedua.imbuhnya.


"Kota Solok memiliki potensi luar biasa mengembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kondisi geografis alamnya sangat bisa untuk dikembangkan seperti Beras Solok,"ucapnya.


Menyemarakkan suasana pembukaan, para tamu disuguhkan dengan  penampilan tari massal serta prosesi makan Baronjin. Selanjutnya dilakukan  peninjauan stand-stand UMKM yang menampilkan beragam jenis makanan dan produk kerajinan Kota Solok.


Pembukaan rangkaian Kharisma Event Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang itu, juga dihadiri Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Anggota DPRD Kota Solok, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Ketua Dharmawanita Kota Solok, Bupati dan Walikota Se-Sumbar. (Am/Fs)



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!