Breaking News

Friday, September 22, 2023

Tingkatkan Kemampuan Petani, Bupati Limapuluh Kota Buka Sekolah Lapangan


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-Guna meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial pelaku usaha dalam mengelola lahan pertaniannya, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan menggelar program Sekolah Lapangan (SL) Good Agriculture Practices (GAP) di Jorong Bukit Talau, Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan, Jum'at, (22/09/2023). 

Diikuti ratusan petani dari  17 kelompok tani dari Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang didampingi Wakil Ketua DPRD Syamsul Mikar, Kepala Dinas Tanhorbun Witra Porsepwandi, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, unsur Forkopimca dan sejumlah Wali Nagari Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX.

Bupati Safaruddin mengatakan, sekolah lapang sebagai salah satu metode bagi para kelompok tani dan masyarakat dalam meningkatkan kapasitas teknis dan manajerial petani dalam mengelola usahanya sehingga dapat dikelola secara efektif dan efisien. 

“Sekolah lapang dipandang sebagai salah satu metode penyuluhan yang paling ampuh untuk transfer ilmu antara ahli pertanian maupun penyuluh dengan kelompok tani serta masyarakat, dengan harapan adanya peningkatan produktivitas sektor pertanian khususnya lahan jagung dan padi,” katanya.

Bupati Safaruddin menjelaskan, program pengembangan jagung sebagai salah satu visi utama Kabupaten Limapuluh Kota di bidang pertanian. 

"Berdasarkan kajian Universitas Andalas, potensi lahan jagung di Kecamatan Pangkalan sebesar 11.138 Ha sedangkan di Kecamatan Kapur IX seluas 5.115 Ha, untuk itu Bupati meminta Distanhorbun bekerja maksimal dalam pengembangan potensi tersebut, dengan harapan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Bupati berharap, program SL, dapat memberikan semangat dan motivasi serta asupan teknologi yang tepat guna dalam menggenjot tingkat produktivitas pertanian jagung.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanhorbun, Witra Porsepwandi kepada awak media mengatakan, Program Sekolah Lapang (SL) terbukti sangat efektif dalam proses kualitas SDM para petani. 

“Kegiatan Sekolah Lapang dirancang dalam rangka meningkatkan kompetensi para petani sebagai ujung tombak dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Sekolah Lapang ini mampu meningkatkan ilmu pengetahuan bagi para petani dan masyarakat dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan peningkatan ekonomi bagi para petani,” katanya. (EY)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!