Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

October 27, 2023

Aparatur Diskominfo Pessel ikuti pelatihan infografis di Antara Sumbar


FS.Pessel(SUMBAR)- 
Sebanyak 15 orang aparatur di bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, mengikuti pelatihan pembuatan konten infografis yang diselenggarakan oleh LKBN Antara Biro Sumatera Barat.

Kegiatan berlangsung di Lantai I Kantor Berita Antara Biro Sumbar, dibuka oleh Kepala Bidang IKP Diskominfo Pesisir Selatan Wildan dan didampingi Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar Irwan, di Padang, Jumat (27/10/2023).

Dalam pelatihan ini peserta disuguhkan materi pemilihan aplikasi yang tepat dan mudah dalam pembuatan infografis, dilanjutkan dengan pendalaman dan praktik langsung dipandu narasumber Erie Syahrizal.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumbar Irwan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan pelatihan terbatas ini baru pertama kali digelar untuk instansi pemerintah daerah, khususnya aparatur Diskominfo.

Pelaksanaan ini, kata dia, merupakan wadah untuk sharing pengetahuan dalam pengembangan konten publikasi, dan diyakini tentu sangat diperlukan.

Sebab, dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang mudah dan menarik untuk dibaca sangat penting, maka salah satunya dengan sajian konten dalam bentuk infografis.

"Konten yang dihasilkan dalam bentu infografis bisa digunakan untuk multiplatform. Bisa untuk media online, konten videotron, dan bahan informasi untuk baliho,"ungkapnya.

Hal ini, menurut dia, tentu sangat menunjang kerja tim IKP Diskominfo Pessel dalam menghadirkan konten-konten yang lebih efektik dan komunikatif ke masyarakat.

"Program unggulan atau Progul kepala daerah dapat menjadi bahan untuk konten infografis sehingga mudah dipahami masyarakat secara luas," ujarnya.

Kepala Bidang IKP Diskominfo Pessel Wildan menyampaikan terima kasih kepada LKBN Antara Sumbar, atas digelarnya pelatihan pembuatan konten infografis.

Hal ini sangat sejalan dengan upaya dalam peningkatan kompetensi aparatur IKP Diskominfo Pessel, seiring dengan perkembangan sajian konten di era multimedia saat ini.

Ia menyampaikan, sekarang perkembangan dalam menyajikan konten informasi tidak hanya cukup dalam bentuk teks dengan prinsif 5 W+1 H saja.

Namun terus berkembang, salah satunya konten dalam bentuk infografis yang lebih efesien dan efektif serta mudah dipahami masyarakat.

"Melalui pelatihan ini diharapkan aparatur yang ikutserta agar bisa fokus untuk mendalami dan menggali pengatahuan tentang pembuatan konten dalam bentuk infografis dari pemateri. Kami patut sangat berterima kasih, apalagi menjadi kesempatan pertama pembekalan ini dibagi Antara Sumbar ke instansi pemerintah daerah," harapnya.

Menurut dia, bilamana aparatur IKP Diskominfo Pessel sudah meningkat kemampuan dalam pembuatan konten infografis, sehingga bisa menjadi inovasi layanan informasi publik ke depannya.

"Kerja sama antara Diskominfo Pessel - LKBN Antara sudah berjalan baik, semoga terus terjalin sinergitas ke depannya,"ujarnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!