Breaking News

Sunday, October 01, 2023

Bupati Pesisir Selatan Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

                                                        01 Oktober 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, dengan tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju, pada Minggu, (1/10), pagi ini. 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini dipimpin oleh Komandan Kodim/Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Inf Sunardi, S.H, dan dihadiri oleh Bupati Rusma Yul Anwar dan unsur pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD dan ASN jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan serta sejumlah mahasiswa Pesisir Selatan. 

Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Makna tersebut dapat dilihat dari dua aspek yakni aspek sejarah dan aspek aktual. 

Dari aspek sejarah, Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI. Para pahlawan revolusi ini adalah simbol dari semangat juang dan pengorbanan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. 

Pancasila adalah hasil dari perjuangan dan kesepakatan bersama bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Pancasila juga merupakan rumusan nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman hidup bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Sementara dari aspek aktual, Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat. Rasa nasionalisme dan patriotisme ini dapat ditunjukkan dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan. 

Ancaman dan gangguan ini dapat berupa ideologi-ideologi asing yang tidak sesuai dengan Pancasila, serta isu-isu yang dapat memecah belah bangsa Indonesia. 

Di Hari Kesaktian Pancasila masyarakat dapat mengambil hikmah dari peristiwa G30S/PKI. Hikmah ini dapat kita ambil dengan cara belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu, serta tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengadu domba dan menimbulkan konflik di antara masyarakat.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!