Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

October 15, 2023

Ketua DPRD Sumbar : Budaya Sandaran Hidup Masyarakat Minangkabau

                                                         14 Oktober 2023
Ketua DPRD Sumbar, Supardi

FS.Payakumbuh(SUMBAR)- Ragam Kebudayaan Minangkabau merupakan suatu potensi yang tidak dimiliki oleh negara atau provinsi lain. Dengan mengoptimalkan potensi kebudayaan sebagai hulu, maka akan memberikan dampak besar terhadap pariwisata sebagai hilir. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Warisan Budaya Takbenda (WBTb)/Intangible Cultural Heritage Festival (ICHF) di Agam Jua Cafe, Kota Payakumbuh.

Dia mengatakan, budaya merupakan filosofi dan sandaran bagi kehidupan masyarakat Minangkabau, budaya juga memiliki nilai jual tinggi yang diposisikan sebagai hulu dan hilirnya sektor pariwisata yang maju. Jika bicara pariwisata maka pasti berbicara kebudayaan, karakteristik ragam Kebudayaan Minangkabau hanya ada di Sumbar, maka potensi itu lah yang diminati oleh wisatawan negara lain untuk datang.

" Festival Warisan Budaya Takbenda (WBTb)/Intangible Cultural Heritage (ICH) yang digelar di Kota Payakumbuh, merupakan bukti bahwa kebudayaan Minangkabau memiliki potensi, hal itu dibuktikan dengan banyak nya wisatawan dan peserta dari luar negeri yang datang, terimakasih untuk Dinas Kebudayaan Sumbar telah memfasilitasi iven besar ini," katanya.

Dia mengatakan, festival Warisan Budaya Takbenda (WBTb)/Intangible Cultural Heritage (ICH) merupakan satu-satunya dan pertama yang ada di Indonesia, banyak kebudayaan yang hadir pada event besar ini, ada dari India dengan  menampilkan sebuah seni kebudayaan Kallaripayaku yang berusia ribuan tahun sebelum masehi, Malaysia juga menampilkan kebudayaan dan daerah di Indonesia lainya. 

"Semua kebudayaan yang tampil telah diakui oleh UNESCO, semoga festival ini bisa berlanjut pada tahun-tahun berikutnya," katanya. 

Selain perhelatan Festival, katanya, WBTb merupakan upaya aktifasi warisan kebudayaan yang dimiliki Sumbar, jika tidak dilakukan aktifasi maka budaya yang di miliki Sumbar akan di cabut oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Ada hal lain yang perlu disampaikan, saat ini kita bersama sama tengah berupaya untuk mengungkap misteri dari peradaban Mahek yang masih dalam proses penelitian. Jika nanti bisa dipecahkan maka akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk Luhak Limapuluh dan Sumbar secara keseluruhan  

" Sudah banyak peneli yang datang dari luar maupun dalam negari, namun misteri Mahek belum terpecahkan hingga sekarang, " katanya 

Gubernur meyebutkan, Festival WBTb adalah bagian dari upaya strategis dalam melindungi, melestarikan, dan mengaktivasi Warisan Budaya Takbenda.

"Sumatera Barat memiliki aneka ragam warisan budaya yang masih bertahan dan berkembang di tengah masyarakat, serta menjadi identitas dan kebanggaan bangsa. Hingga hari ini, ada ribuan Warisan Budaya Takbenda dunia yang telah ditetapkan UNESCO," kata Gubernur.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Festival Warisan Budaya Takbenda akan menjadi ajang penting dalam kalender budaya global dan berkontribusi signifikan terhadap upaya pelestarian dan promosi warisan budaya, serta akan terus melestarikan warisan untuk generasi mendatang.

"Kita berharap festival ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai penting pelestarian Warisan Budaya Takbenda baik oleh pemerintah pusat mau pun oleh UNESCO, dan jangan sampai status itu tercabut di kemudian hari," ujar Mahyeldi.

Ada pun Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah, dalam laporannya menyebutkan, Festival WBTb Sumbar 2023 (WBTb) terselenggara berkat kerja sama Dinas Kebudayaan Sumbar dengan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumbar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Pemko Payakumbuh, Yayasan SURI, serta inisiasi oleh Ketua DPRD Sumbar. 

"Agenda ini berlangsung mulai tanggal 12 hingga 17 Oktober 2023, yang mengusung tema The Voice Within atau Suara Dalam Diri," ucapnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!