Breaking News

Sunday, October 01, 2023

Lantamal II Padang Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila


FS.Padang(SUMBAR)-
Seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut II  Pangkalan Utama TNI AL Lantamal II Padang laksanakan  upacara peringatan hari kesaktian Pancasila. Upacara ini merupakan untuk mengenang peristiwa pemberontak PKI yang menggugurkan putra terbaik bangsa Indonesia, dilaksanakan dilapangkan Apel Markas Komando Mako Lantamal II Padang Jl. Bukit Peti-peti Teluk Bayur Padang Minggu 01 Oktober 2023.

Peringatan upacara ini dipimpin oleh Wadan Lantamal II Kolonel Marinir Arinto Beny Sarana, S.E., M.M diikuti oleh PJU, Kasatker dan seluruh Prajurit sarta PNS Lantamal II Padang. Sementara Komandan Pangkalan Utama TNI AL  II Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Benny Febri.M.M.,M.Tr.Opsla, mengikuti  pelaksanaan upacara di halaman kantor Gubernur Sumbar.

Kegiatan ini untuk mengenang sejarah kekejaman G 30 S PKI yang tidak boleh dilupakan oleh kita semua. Dimana PKI telah melakukan gerakan dimulai dari tahun 1948 dengan membunuh kalangan ulama dan Umara serta tokoh masyarakat dan puncaknya pada tahun 1965 yang melakukan penculikan dan pembunuhan terhadap 6 Jenderal TNI AD di Lubang buaya dan pada tanggal 1 Oktober PKI di Jogjakarta juga membunuh Brigjen Katamso Darmokusumo dan Kolonel Sugiono. Dengan gagalnya gerakan PKI ini maka ditetapkan tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila.

(Dispen Lantamal II)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!