Breaking News

October 6, 2023

Subuh Mubarak UNP, Rektor : Memaknai Bulan Rabiul Awwal Melalui Akhlak Rasulullah


FS.Padang(SUMBAR)-
Akhlak Nabi Besar Muhammad SAW perlu dijadikan contoh dan teladan bagi umat dan Rasulullah begitu besar cintanya kepada umat yang terdahulu, sekarang, dan yang akan datang.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) yang diwakili oleh Wakil Rektor II Prof. Ir. Syahril, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak yang dilaksanakan secara luring pada Jumat (6/19) bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor II Prof. Ir. Syahril, M.Sc., Ph.D. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. yang merupakan dosen Tafsir dan Ilmu Alquran STAI-PIQ Sumatera Barat. Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. dalam ceramahnya dengan topik "Memaknai Bulan Rabiul Awwal Melalui Adab dan Akhlak Rasulullah" menyampaikan bahwa Rasulullah mengingatkan seluruh umatku akan masuk surga, kecuali umatku yang tidak mau yaitu umat yang tidak taat kepada Allah, seperti itulah harapan Rasulullah kepada umatnya.

Pada kesempatan itu Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. juga menyampaikan kita perlu introspeksi ibadah kita sehingga kita nanti layak masuk surga dan bertetangga nantinya dengan Rasulullah serta Rasulullah sangat mencintai umatnya.

"Berdasarkan turunnya ayat Alquran dapat dipahami bahwa sejak dini, kita diperintahkan untuk mementingkan perlunya membaca dan menulis," jelas Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. 

Lebih lanjut Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. mengemukakan jangan berhitung-hitung untuk mengembangkan gagasan-gagasan, ilmu pengetahuan, dan perbuatan yang baik untuk kepentingan umat dan hal itu akan bernilai ibadah yang tak akan putus-putusnya.

"Akhlak Rasulullah terkumpul dalam berbagai talenta yang patut diteladani seperti akhlak Rasulullah terhadap manusia, akhlak Rasulullah terhadap binatang, akhlak Rasulullah terhadap tumbuhan, akhlak Rasulullah terhadap lingkungan alam dan sebagainya," tukuk Ustaz H. Zulkarim, Lc., M.A. (ET)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!