Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 3, 2023

Cipta Tenaga Kerja Terampil, Pemkab Limapuluh Kota Selenggarakan Pelatihan Menjahit Bagi Ratusan Masyarakat


FS.LimaPuluh Kota(SUMBAR)-
Terus berupaya mendorong optimalisasi program pengembangan kompetensi SDM di daerah untuk mencipatakan tenaga kerja terampil, penanggulangan angka pengangguran, peningkatan produktivitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja terus meluncurkan berbagai program pelatihan, salah satunya yaitu program Pelatihan Menjahit bagi masyarakat di Lima Puluh Kota yang diselenggarakan di aula BP4K Tanjung Pati, Rabu (01/11/2023).

Kegiatan pelatihan menjahit tersebut dibuka oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo diwakili oleh Asisten I, Herman Azmar yang didampingi oleh anggota DPRD, Marsanova Andesra, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Afrizal serta Kabid Tenaga Kerja, Hatifah.

Dalam sambutannya, Herman Azmar yang membacakan sambutan Bupati mengapresiasi kegiatan pelatihan menjahit yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja tersebut. Ia mengungkapkan kegiatan itu selaras dengan visi-misi daerah dimana didalam salah satu poin misinya ialah "Mendorong Pertumbuhan Dan Perkembangan Ekonomi Lintas Sektoral Yang Memiliki Keunggulan Di Tingkat Lokal Dan Regional".

"Saat ini Pemerintah daerah telah memfasilitasi pemberian pelatihan di berbagai sektor kepada masyarakat khususnya para pencari kerja dari kabupaten Lima Puluh Kota, tinggal bagai mana masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dan memaksimalkan ilmu yang didapat guna meningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan," ujar Herman Azmar saat membacakan pidato Bupati. 

Bupati juga berharap, setelah kegiatan pelatihan menjahit itu selesai, para peserta tidak berhenti mengasah kemampuannya dalam menjahit, sehingga nantinya bisa menjadi penjahit yang professional dan berprestasi, seperti halnya dengan dua orang desainer Lima Puluh Kota dibawah binaan Dekranasda Lima Puluh Kota yang berhasil mengharumkan nama Lima Puluh Kota di lomba desain baju tingkat Provinsi baru-baru ini.

Sementara itu, anggota DPRD Lima Puluh Kota, Marsanova Andesra mengungkapkan, dengan terlaksananya pelatihan menjahit ini dapat meningkatkan geliat sektor ekonomi di Lima Puluh Kota. "Saat ini ekonomi kita ditingkat nasional maupun internasional sedang tidak baik-baik saja, pasca pandemi covid-19. Oleh sebab itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menghidupkan kembali perekonomian khususnya daerah kita,"ujarnya. 

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Afrizal dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari, diikuti oleh 100 orang peserta yang tersebar dari 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Harau dan Payakumbuh yang sebelumnya telah dilakukan diseleksi dan akan bagi menjadi 6 kelompok. "Terlaksananya pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan terciptanya tenaga kerja siap pakai di Lima Puluh Kota," tutupnya. (EY)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!