Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 9, 2023

Departemen Administrasi Pendidikan FIP UNP Gelar Seminar Nasional bertajuk "Tantangan dan Peluang Administrasi Pendidikan di Era Society 5.0”


FS.Padang(SUMBAR)- 
Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional pada Kamis, 9 November 2023 yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. 

Seminar nasional merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Departemen AP FIP UNP dimana kegiatan ini diikuti oleh dosen, kepala sekolah, guru dan mahasiswa. Kegiatan seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Afdal, M.Pd., Kons.

Adapun kegiatan seminar kali ini mengusung tema “Tantangan dan Peluang Administrasi Pendidikan di Era Society 5.0”. Tujuan dari seminar ini adalah dalam rangka  transfer pemahaman dan pengetahuan kepada peserta terkait tantangan yang harus dihadapi serta peluang yang harus diambil dalam menghadapi Era Society 5.0. 

Dr. Sulastri, M.Pd selaku Kepala Departemen Administrasi Pendidikan, dalam sambutannya  mengatakan bahwa dalam menghadapi era society 5.0 ini diharapkan SDM Administrasi pendidikan perlu mengambil suatu langkah penting agar bisa menghadapi tantangan dan peluang yang ada terutama dalam hal beradaptasi dan mampu berkompetensi nantinya dalam dunia kerja. SDM Administrasi Pendidikan juga harus mampu menanggapi isu-isu strategis terkait disrupsi teknologi informasi yang berkembang saat ini salah satunya terkait dengan perkembangan teknologi AI. 

Adanya kegiatan seminar ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman terkait teknologi khususnya AI sekaligus SDM Administrasi Pendidikan dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin. Pada seminar kali ini Departemen Administrasi Pendidikan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dr. Mansyur Arsyad, M.Pd dari Pusat Asesmen Pendidikan BSKAP Kemendikbudristek dan Dr. Supriadi, M.Pd selaku pakar teknologi dalam Administrasi dan Manajemen Pendidikan dari UIN Bukittinggi. 

Materi pertama dibawakan oleh Dr. Mansyur Arsyad,M.Pd berkaitan dengan Manfaat dan Tantangan Transformasi Digital pada Pengelolaan Pendidikan. Salah satu urgensi teknologi dalam dunia pendidikan di abad ke-21 telah membawa perubahan dalam lingkungan belajar yang berdampak pada peserta didik. 

Materi Kedua disampaikan oleh Dr. Supriadi, M.Pd berkaitan dengan Kemajuan Teknologi AI dalam Manajemen Pendidikan. Banyak aplikasi AI saat ini memberikan kemudahan untuk kebutuhan dalam dunia pendidikan khususnya dalam bidang Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Trend AI saat ini seperti elicit, som.ai, humata, quillbot, gamma, fireflies, fliki, jitter, jasper, dan masih banyak lagi. AI memiliki sisi positif dan negatif, dan kita sendiri yang bisa mengendalikan.

Tia Ayu Ningrum, M.Pd selaku ketua pelaksana seminar mengatakan kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena adanya dukungan dari pihak departemen terutama Kepala Departeman AP (Dr. Sulastri, M.Pd) dan Kepala Laboratorium AP (Yulianto Santoso, M.Pd) serta dukungan dari Pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan. Seminar nasional ini juga dapat disaksikan melalui live streaming youtube AP Kreatif Channel.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!