Breaking News

November 27, 2023

Kembangkan Pendidikan Inklusif, FIP UNP Inisiasi Kerjasama dengan University New South Wales (UNSW) Sydney Australia


FS.JAKARTA - 
Bertempat di Gedung Menara Karya Jakarta, 27 November 3023, Dekan FIP Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons. Bertemu dengan Profesor Colin B Grant, Deputy Vice Chancellor Global University of New South Wales (UNSW) Sydney, Australia untuk membicarakan inisiasi kerjasama dan implementasinya dalam berbagai bidang tridharma perguruan tinggi, khususnya Pendidikan Inklusi. Turut menyertai Dekan FIP adalah Elsa Efrina, M. Pd. (Kepala Departemen PLB FIP UNP) dan Grahita Kusumastuti, M. Pd. (Dosen PLB FIP UNP). 

Dalam pertemuan yang hangat ini dibicarakan berbagai bentuk implementasi kegiatan kerjasama yang dapat dilakukan antara UNP dengan UNSW, di antaranya (1) Student Mobility (pertukaran pelajar) bekerjasama dengan NCP Funding (The New Colombo Plan), (2) Join Community untuk meningkatkan kepedulian terhadap disabiltas (disability awarness) dan equity di lingkungan Universitas dan (3) Kerjasama dengan International Global Development (IDG) untuk bekerjasama dalam riset bersama. 

Sebagai salahsatu penghasil guru pendidikan luar biasa di Indonesia, Departemen Pendikan Luar Biasa FIP UNP sangat antusias dengan bentuk implementasi kerjasama ini, dan berharap semakin mengokohkan peran Departemen PLB FIP untuk menjadikan UNP sebagai kampus bereputasi internasional, imbuh Elsa, Kandidat Doktor bidang Pendidikan Khusus ini.

Ketika dihubungi oleh Wartawan, Dekan FIP UNP menjelaskan bahwa inisiasi kerjasama dengan UNSW menjadi sangat penting mengingat UNSW merupakan kampus berperingkat 19 dunia, dan merupakan salahsatu kampus dengan pelayanan disabilitas terbaik, termasuk didalamnya tingkat kepedulian dan kesetaraan akan inklusivitas.

"Kita ingin, pengalaman UNSW juga dapat dilaksanakan di UNP khususnya dalam pendidikan inklusif, terlebih UNP memiliki departemen pendidikan luar biasa," sambung Profesor yang murah senyum ini.

Lebih lanjut, kegiatan yang diinisiasi oleh Departemen PLB FIP UNP ini dilakukan setelah melalui pembicaraan yang cukup intensif antara pihak PLB FIP UNP (Dr. Nurhastuti, Antoni Tsaputra, PhD., Elsa Efrina, M. Pd. dan Grahita Kusumastuti, M. Pd.) dengan Ms Nur Fatmah Syarbini, Country Director UNSW di Indonesia sejak beberapa bulan terakhir.

"Pembicaraan ini juga penting dilakukan mengingat kepedulian pemerintah terhadap pendidikan inklusif juga semakin meningkat seiring dengan perkembangan keilmuan, walaupun sebenarnya sudah satu semester dosen UNSW Dr. Gianfranco Giuntoli, menjadi dosen tamu di Departemen PLB FIP UNP," imbuh Elsa.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!