Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 3, 2023

Menhir, Maek Juara III API Award 2023, Bupati Safaruddin Bangga


FS.Limapuluh Kota(SUMBAR)-
Diskominfo-Potensi kepariwisataan Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapat pengakuan di panggung nasional Anugerah Pesona Indonesia (API) Award. Kali ini, kawasan situs bersejarah Menhir Maek, Kecamatan Bukik Barisan, ditasbihkan sebagai Juara III pada Kategori Situs Bersejarah API Award ke-8 /2023 di Malam Puncak API Award 2023, Rabu (01/11/2023) malam di Plaza Presisi Polda Maluku Kota Ambon,  Provinsi Maluku. Tuan rumah Provinsi Maluku didapuk menjadi Juara Umum API Award ke-8 Tahun 2023.

Menanggapi sukses ini, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro Rajo mengungkapkan rasa bangganya atas penghargaan API Award 2023 untuk situs bersejarah Menhir Maek. Menurutnya, melalui iven bergengsi dan berpengaruh API Award, situs kepurbakalaan Limapuluh Kota bakal makin dikenal secara luas. Dikatakan Bupati, hal ini akan berdampak kepada terbukanya variasi wisata sejarah/ minat khusus di Limapuluh Kota selain wisata keindahan alam, budaya dan kuliner. Kita bangga patut memberikan acungan jempol, rasa terima kasih atas apresiasi ini kepada seluruh lapisan masyarakat di Nagari Maek yang telah menjaga situs ini, BPCB Batusangkar & Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, terlebih kerja sama sejak awal 2023 Nagari Maek, tokoh-tokoh masyarakat dan Disparpora untuk menggaungkan potensi situs bersejarah Menhir Maek untuk API Award 2023, tutur Bupati Safaruddin di Sarilamak, Kamis (02/11/2023). 

Secara resmi Malam Puncak API Award ke-8/2023 dibuka Gubernur Maluku Murad Ismail. API Award yang digagas Ayo Jalan-Jalan Indonesia telah berkontribusi nyata bagi peningkatan wisata di daerah-daerah, ujar Gubernur Murad Ismail dalam sambutannya. Acara juga dihadiri Dirjen Kemendes dan Kemenpar dan Ekraf, Advisor of API Patrice Rio Capella, Forkopimda Provinsi Maluku dan PJ Walikota Bodewin E. Wattimena. Tropi Juara III Kategori Situs Bersejarah untuk Kawasan Seribu Menhir diserahkan kepada Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Limapuluh Kota 
Selain Kabupaten Limapuluh Kota, dua daerahnya di Sumatera Barat juga diganjar API Award, Kabupaten Sijunjung pada Kategori Festival Wisata Lansek Manih dan Kabupaten Agam pada Kategori Wisata Belanja, Pasar Panampuang.

Raihan situs bersejarah Menhir, Maek atau populer dikenal Kawasan Seribu Menhir ini, terasa spesial dan seakan melengkapi eksistensi Limapuluh Kota sebagai langganan API Award beberapa tahun terakhir. Kampung Sarugo, Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh jadi pembuka jalan di iven API Award dengan meraih Juara II pada Kategori Kampung Adat. 
Prestasi puncak direbut oleh Nagari Gunung Malintang Tahun 2021, Alek Bakajang dinobatkan sebagai Juara I pada kategori Atraksi Budaya. Di tahun 2022, untuk Kategori Cendera Mata, Keramik Kachio, tampil sebagai Juara III. Penilaian dilakukan oleh penulis, blogger dan influencer independen di bidang kepariwisataan, jadi tak diragukan lagi hasilnya. Deretan prestasi inilah modal besar, yang terus kita pupuk untuk pengembangan wisata sejalan visi dan program unggulan daerah, jelas Bupati Safaruddin. Sebagai wujud kegembiraan dan motivasi, Bupati Safaruddin meminta Disparpora dan Nagari Maek menyiapkan momen khusus untuk penyerahan Tropi API Award 2023 di daerah. 

Pelaksanaan API Award telah berlangsung sejak 2016. Kegiatan ini dilaksanakan situs Ayo Jalan-Jalan Indonesia  didukung Kemenpar & Ekraf serta Kemendes. Tahun 2023, melombakan 18 Kategori yang menampilkan nominasi terbaik dari 38 Provinsi dan 124 Kabupaten/Kota untuk diseleksi menjadi 180 Nominasi Terbaik Pariwisata Indonesia.

Mengutip situs Ayo Jalan-Jalan Indonesia, API dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan (domestik dan internasional), dan masyarakat luas di Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. Pemilihan dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi. Selamat untuk Kabupaten Limapuluh Kota, setelah Bakajang dan lain-lain, semoga tetap semangat untuk mengemas potensi-potensi kepariwisataan di daerah, ungkap Chairman API Hiro Kristianto di sela-sela persiapan Malam Puncak API Award 2023, Kota Ambon. (EY)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!