Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 10, 2023

Pemkab. Solok Adakan Rakor Dengan BPN Wilayah Sumbar

Bupati Solok Rakor Bersama BPN Wilayah Sumbar

FS.Kabupaten Solok (SUMBAR) --- Bupati Solok Epyardi Asda menghadiri rapat koordinasi Program " Pendaftaran Tanah Sistim Lengkap "(PTSL) bertempat di ruang rapat Gedung Solok Nan Indah Arosuka, pada Kamis (9/11-23).


Laporan Kepala DPRKPP menyampaikan  Program PTSL sangat membantu Pemerintah dalam pensertifikatan tanah yang mana ini bermanfaat demi meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.


Dimana PTSL dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah dalam mengambil kebijakan ekonomi terutama dalam kebijakan pemanfaatan dan penggunaan tanah sesuai dengan data kepemilikan tanah terdaftar.


Berdasarkan data aset tanah di Kabupaten Solok dari 1338 Persil aset tanah Pemerintah Daerah telah disertifikat sebanyak 433 Persil dan masih ada sebanyak 905 Persil yang belum disertifikatkan sehingga diperlukan kerjasama seluruh stakeholder dalam rangka percepatan pensertifikatan tanah Pemerintah Daerah.


Saat ini juga dilakukan Pemindahan Aset Tanah dari Kantor Pertanahan Kabupaten Solok ke Pemerintah Daerah sebanyak 147 Sertifikat melalui Program Reguler dan Program PTSL.


Sambutan Kepala Kantor ATR/BPN Wilayah Sumatera Barat mengatakan hari ini kita akan menyerahkan sebanyak 147 yang mana diantaranya 131 Sertifikat Jalan dan 16 Sertifikat Kantor.


Pensertifikatan ini harus segera dilaksanakan karena ini sesuai dengan Tugas kita di Kementerian ATR/BPN dalam mendaftarkan seluruh Aset Tanah yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Saat ini kita di Kantor ATR/BPN Wilayah Sumatera Barat sedang melaksanakan transformasi digital.


"Untuk itu kita mohon kerjasama Pemerintah Daerah untuk seluruh sertifikat tanah milik daerah yang berbentuk analog akan diubah menjadi sertifikat elektronik sehingga kepastian hukum dari kepemilikan tanah akan lebih terlindungi,"katanya.


Bupati Solok dalam sambutannya, menyampaikan Alhamdulillah hari ini berkat dukungan dari ATR/BPN Wilayah Sumatera Barat kita dapat mensertifikatkan sejumlah 147 Sertifikat Tanah.


"Untuk itu kita ucapkan terima kasih. Sebagai Kepala Daerah dan Jajaran Solok Super Team kita bertekad untuk menjadi yang terbaik di segala lini dan Alhamdulillah saat ini kita telah mulai merasakan hasilnya serta telah mulai diperhitungkan dari berbagai macam sektor,"ulas dia


Lebih lanjut Bupati mengatakan, selain dari Daerah Pertanian kita juga menyadari adanya Potensi Pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Solok, melalui kunjungan wisatawan ke Kabupaten Solok kita percaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.


Untuk membangun Kabupaten Solok dan meningkatkan Potensi yang dimiliki tidak bisa hanya melalui APBD saja, namun juga diperlukan bantuan dan dukungan dari pihak luak ataupun para investor.


Dengan adanya dukungan dan Kerjasama dari Kantor Pertanahan sehingga dapat mempercepat Pensertifikatan Tanah di Kabupaten Solok maka Cita-cita mewujudkan Kabupaten Solok menjadi Daerah wisata dan memberikan kemudahan bagi para Investor untuk berinvestasi di Kabupaten Solok.


Usai sambutan Bupati Solok, dilakukan penyerahan Sertifikat Tanah milik Daerah dari Kantor Pertanahan Kabupaten Solok kepada Pemerintah Kabupaten Solok dan Penandatanganan Berita Acara. (Am/FS)



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!