Breaking News

November 22, 2023

Rektor UNP Buka Asesmen Surveillance 1 dan Penambahan Ruang Lingkup Laboratorium Pengujian Halal Labdu UNP oleh KAN


FS.Padang(SUMBAR)- 
Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph.D membuka secara resmi kegiatan pembukaan Asesmen dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) Surveillance I dan Penambahan ruang lingkup Laboratorium Pengujian Halal Laboratorium Terpadu (Labdu) UNP, Rabu (22/11) bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Kampus Air Tawar, Padang. 

Kegiatan asesmen ini menghadirkan para asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yakni Deddy Rachman Sumadi (Asesor Kepala), drh. Ismu Prastyawati Sukanto, M.Sc., Ph.D (Asesor Anggota) dan Dr. Herman Hidayat (Asesor Anggota) yang didampingi oleh Wakil Rektor III, Prof. Yohandri, M.Si , Kepala Labdu UNP, Andril Arafat, ST., M.Eng, Ph.D, Febri Prasetya, S.Pd., M.Pdt, Dekan, kepala badan, ketua lembaga, kepala Biro serta teknisi dari Labdu UNP.

Ketua Labdu UNP, Andril Arafat, ST., M.Eng, Ph.D, dalam laporannya menyampaikan bahwa Labdu UNP saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Peningkatan dari tahun ke tahun Labdu UNP dapat terlihat dari jumlah pengujian yang mengalami peningkatan jumlah dari tahun 2021 (398 pengujian) , tahun 2022 (593 pengujian) dan tahun ini (740 pengujian). 

“Saat ini, kita selalu mengoptimalkan dan memberdayakan segala layanan dan peralatan pada Labdu UNP. Kegiatan Surveillance oleh KAN diselenggarakan dalam rangka memenuhi persyaratan umum kompetensi Labdu UNP. Diharapkan dengan adanya asesmen, ini dapat meningkatkan kualitas layanan dan menjamin manajemen mutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” pungkas Andril .

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan perkembangan Labdu UNP yang sangat signifikan terhadap revenue UNP dan memberikan dampak kepada mahasiswa serta dapat memanfaatkan peralatan di Labdu yang terakreditasi nasional dan internasional. UNP melalui Labdu akan terus mengupayakan semua peralatan Labdu UNP yang terakreditasi dapat memberikan dampak terhadap masyarakat. 

“Asesmen ini merupakan salah satu upaya UNP untuk terus meningkatkan kualitas peralatan labor UNP sehingga semua peralatan dapat terstandarisasi secara nasional dan internasional begitupun dengan Lab pengujian halal Labdu UNP . UNP ingin memberikan kontribusi yang besar terhadap industri halal saat ini salah satunya dengan melakukan menstandarisasikan peralatan di pemeriksa halal UNP,” harap Rektor UNP yang bergabung secara daring melalui zoom meeting.

Deddy Rachman Sumadi (Asesor Kepala) menyampaikan adapun tujuan dari asesmen ini untuk memastikan SNI ISO/IEC 17025;2017 dan skill demonstration (witness) dengan metode asesmen awal dapat dilakukan dengan onsite/hybrid (kombinasi on-site and remote), asesmen ulang dan surveillence tidak terjadwal serta Asesmen penambahan ruang, surveillence terjadwal dan witness. Deddy Rachman juga memaparkan agenda asesmen pada labdu ini akan melakukan asesmen bidang manajemen & pengujian mekanik, asesmen bidang pengujian fisika/kimia, dan asesmen bidang pengujian biologi. (ss/Humas UNP)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!