Breaking News

November 24, 2023

Sekda Apresiasi Pembuatan NIB Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil

Sekda Medison Sosialisasi NIB Bagi Pelaku UMK

FS.Kabupaten Solok (SUMBAR) --- Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison membuka kegiatan sosialisasi NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi pelaku UMK (Usaha Mikro Kecil) di  D'relazion Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok pada Kamis (23/11-23).


Medison menyampaikan apresiasi pada kegiatan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko sekaligus pembuatan dan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kabupaten Solok. 


"Kita mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja ini karena memberikan manfaat berupa kemudahan berusaha bagi masyarakat, khususnya usaha mikro dan kecil,"kata nya


Dia mengingatkan pengembangan UKM telah menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Solok sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2025. 


"Oleh karena itu kita terus mendorong kegiatan-kegiatan seperti ini untuk menguatkan UKM kita di Kabupaten Solok,"ujar dia


Menurut Medison, perizinan usaha merupakan hal penting dan utama dalam melaksanakan usaha oleh masyarakat. Selain memperoleh legalitas atas usaha tersebut juga akan memberikan perlindungan bagi pelaku usaha itu sendiri. 


"Pada kegiatan ini kita bantu masyarakat dan pelaku usaha untuk memperoleh izin usaha dalam bentuk penerbitan NIB", imbuh Medison.


Selanjutnya kata Medison, dalam rangka pemberdayaan UKM ini,  Pemerintah Daerah juga telah memberikan bantuan dalam bentuk peralatan usaha sesuai dengan jenis usaha dan kebutuhannya. 


"Kita akan identifikasi kebutuhan peralatan bagi pelaku usaha mikro kecil ini untuk kita berikan bantuan yang pada tahun ini sudah diserahkan senilai 1,2 miliar dan pada tahun 2024 juga telah kita anggarkan 1,2 miliar,"katanya


Acara ini diikuti 30 Pelaku Usaha UMKM yang ada di Kabupaten Solok. Turut hadir, kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja, Aliber Mulyadi, beserta Sekretaris Dinas, Hendrianto, Fungional Ahli Madya, Zulherius Esdey, dan Fungsional Muda, Yeni Putri (FS/AM)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!