Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

November 23, 2023

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis Sambut Kunjungan Mahasiswa Fakultas Hukum Unand

                                                     23 November 2023

FS.Padang(SUMBAR) - Dalam rangka studi edukasi dengan tema 'Menilik Dinamika Peran dan Fungsi DPRD dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Sumatera Barat', Perhimpunan Mahasiswa Tata Negara (PMTN) Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Barat, Kamis (23/11/2023) di ruang khusus 1 kantor DPRD setempat.

Kunjungan belasan mahasiswa Fakultas Hukum Unand tersebut disambut oleh Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis didampingi Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris.

Dalam kesempatan itu Sekwan Raflis sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa berupa Kunjungan Parlemen. Dengan kehadiran mahasiswa Fakultas Hukum Unand hari ini, maka telah mendekatkan diri dengan DPRD Sumbar.

"Kami merasa bangga dan senang karena mahasiswa tidak apatis terhadap politik karena sekarang mahasiswa sudah tidak menjaga jarak dengan parlemen," ucap Raflis.

Raflis menerangkan, DPRD merupakan lembaga negara yang sejajar dengan kepala daerah. Memiliki peran pengawasan, penganggaran dan membuat produk hukum (perda). 

"Saat ini DPRD Sumbar berjumlah 65 orang anggota. Dari jumlah itu empat orang menjadi pimpinan, terdiri atas satu ketua dan tiga wakil ketua," terang Raflis.

Berbicara terkait alat kelengkapan dewan (AKD), lanjut Raflis, DPRD Sumbar memiliki lima komisi, yaitu Komisi I sampai komisi V.

Kemudian ada Badan Anggaran (Banggar). Tugas Banggar yaitu menyusun dan memastikan bahwa anggaran ini memang digunakan sebesar-besarnya untuk masyarakat Sumbar. 

Selanjutnya adan Badan Musyawarah (Bamus), tugasnya membahas mengenai jadwal kegiatan Anggota DPRD yang meliputi reses, sosialisasi perda. Terus ada pula Badan Kehormatan (BK) yang memiliki tugas mengawasi etika dari Anggota DPRD Sumbar. 

"Alat kelengkapan dewan yang terakhir yaitu Bapemperda yang memiliki tugas membuat peraturan daerah," terang Raflis.

Pimpinan rombongan PMTN Fakultas Hukum Mahasiswa Unand menyampaikan ucapan terima kasih karena DPRD Sumbar telah bersedia menerima kunjungan mereka untuk belajar banyak hal tentang peran dan fungsi DPRD dalam pembangunan daerah.

“Terima kasih kepada pak Raflis dan pak Idris telah bersedia menerima kunjungan kami, semoga ilmu dan pengetahuan yang kami dapat hari ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi kami kedepannya,” ungkapnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!