Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

December 21, 2023

Bupati Rusma Yul Anwar Serahkan Bantuan Beras Pangan Tahap III di Kecamatan Sutera


FS.Pessel(SUMBAR)- 
Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd., secara simbolis menyerahkan bantuan sarana prasarana kepada nelayan dan beras pangan tahap III yang dikelola oleh Dinas Perikanan dan Pangan.

Penyerahan bantuan tersebut diadakan di UDPK Kantor Camat Sutera, Kamis (21/12).

Bantuan senilai RP.4.895.808.699,- berasal dari APBN dan APBD Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2023.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, pihaknya juga akan terus mengupayakan berbagai program dalam peningkatan perekonomian nelayan secara berkelanjutan.

"Besar harapan saya kepada nelayan penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dan tidak boleh dipindahtangankan apalagi diperjualbelikan," pintanya.

Selain itu juga Rusma YulnAnwar berpesan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) agar bisa memanfaatkan benih dan pakan ikan untuk peningkatan ekonomi dengan potensi dan lahan yang tersedia.

"Untuk Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (POKLAHSAR),dengan adanya bantuan rehabilitasi unit pengolahan ikan dan pasar ikan agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya," kata Bupati. 

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan (DPP), Firdaus. S.Pt., dalam laporannya memaparkan, bantuan yang bersumber dari APBN senilai Rp. 2.858.931.699 yang terdiri dari, 3 paket Bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Ikan Nila, 3 paket Bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Ikan Lele, 12 paket Bantuan Sarana dan Parasarana Budidaya Ikan Gurame, 3 paket Bantuan Rehabilitasi Unit Pengolahan Ikan dan 3 Bantuan Rehabilitasi Pasar Ikan.

"Untuk bantuan yang bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak Rp.2.036.877.000,-", tambah Firdaus.

Kadis DPP  merincikan bantuan tersebut diantaranya, 26 Unit Mesin Tempel 15 PK, 20 Unit Mesin Tempel 40 PK, 13 unit Mesin Long Tail, 57 pieces Bantuan Alat Tangkap Jaring Nelayan (Gillnet Millenium)  dan 3 unit GPS (Global Positioning System).

"Dengan adanya bantuan  ini saya berharap agar nelayan dan petani bisa memanfaatkan dengan semaksimal mungkin sehingga roda perekonomian terutama di sektor perikanan menjadi hidup" kata Firdaus.

BANTUAN BERAS PANGAN TAHAP III

Pada kesempatan itu juga Bupati menyerahkan secara simbolis Bantuan Beras Pangan Tahap III yang disalurkan melalui PT. POS Indonesia (Persero) kepada masyarakat Pesisir Selatan.

Adapun penerima bantuan, merupakan warga kurang mampu. Kami meyakini bantuan beras tersebut dapat membantu masyarakat dalam penangulangan kemiskinan dan  meredam kesulitan warga kurang mampu terhadap lonjakan harga pangan, khususnya beras.

"Saat kita sudaha sudah merealisasikan bantuan beras kepada masyarakat penerima manfaat sebanyak 2.818 Ton," kata Rusma Yul Anwar.

Bupati mengatakan, bantuan yang sedang disalurkan pada bulan Desember ini  sebesar 399,940 Ton, khusus Kecamatan Sutera sebesar 43,49 Ton.

"Untuk itu diminta Dinas Perikanan dan Pangan Bersama Bulog dan PT POS Indenesia untuk dapat melaksanakan penyaluran bantuan beras ini kepada masyarakat agar terlaksana dengan baik dan tepat sasaran," tegas Bupati.

Bupati berharap Satgas Pangan dari Polres Kabupaten Pesisir Selatan untuk dapat mengawal penyaluran bantuan beras ini kepada masyarakat supaya tersalur aman dan tertib.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!