Breaking News

December 12, 2023

Kebebasan Beragama dan Keberagaman Keyakinan di Amerika


Monumen Kebebasan Beribadah di Washington, DC
(Source: Google)

Fokussumatera.com - 
Kebebasan beragama telah menjadi salah satu pilar utama dalam konstitusi Amerika Serikat sejak pendiriannya pada abad ke-18. Dengan nilai-nilai seperti kebebasan, kesetaraan, dan pluralisme yang terkandung dalam dasar negara ini, Amerika telah menjadi tempat bagi berbagai keyakinan agama dan kepercayaan spiritual dari seluruh penjuru dunia. Artikel ini akan menguraikan sejarah kebebasan beragama di Amerika, menyoroti keragaman keyakinan yang berkembang, dan menyelidiki tantangan dan perdebatan kontemporer yang mempengaruhi kebebasan beragama di negara ini.
 
Di Amerika Serikat, kebebasan beragama adalah hak yang dilindungi konstitusi yang diatur dalam klausul agama pada Amandemen Pertama. Sebagaimana dinyatakan dalam Bill of Rights : "Kongres tidak boleh membuat undang-undang yang menghormati pendirian suatu agama, atau melarang pelaksanaannya secara bebas". Kebebasan beragama terkait dengan prinsip penyeimbang pemisahan gereja dan negara , sebuah konsep yang didukung oleh para pendiri Kolonial seperti Dr. John Clarke, Roger Williams, William Penn.

Kebebasan beragama pertama kali diterapkan sebagai prinsip dalam berdirinya koloni Maryland, yang juga didirikan oleh Lord Katolik Baltimore , pada tahun 1634. Lima belas tahun kemudian (1649), diberlakukannya kebebasan beragama, Undang-Undang Toleransi Maryland , dirancang oleh Lord Baltimore, dengan ketentuan: "Tidak seorang pun ... mulai saat ini tidak boleh ada orang yang diganggu, dianiaya, atau diremehkan untuk atau sehubungan dengan agamanya atau dalam pelaksanaannya secara bebas."
 
Sejarah Konstitusi Amerika Serikat juga menggarisbawahi pentingnya melindungi kebebasan berbicara, pers, beribadah, dan berkumpul secara damai. Inilah yang membentuk landasan hukum bagi kebebasan beragama di negara ini. Karena, Amerika adalah salah satu negara dengan populasi beragam agama terbesar di dunia. Ini mencakup Protestanisme, Katolik, Yahudi, Islam, Hindu, Budha, dan lainnya. Meskipun prinsip-prinsip kebebasan beragama dihargai, ada juga tantangan kontemporer seperti perdebatan seputar pemisahan gereja dan negara, hak-hak individu dalam praktik beragama, dan bagaimana mengelola ketegangan antara keyakinan agama dan hukum negara.
 
Kontroversi seputar kebebasan beragama di AS mencakup pembangunan tempat ibadah, pidato wajib, konseling terlarang, konsumerisme wajib, tempat kerja, pernikahan dan keluarga, pemilihan pemimpin agama, sunat pada bayi laki-laki, pakaian, pendidikan, sumpah, ibadah. untuk orang sakit, perawatan medis, ibadah selama karantina, penggunaan tanah pemerintah yang disucikan bagi penduduk asli Amerika, perlindungan kuburan, penggunaan benda-benda suci secara tubuh, penahanan massal terhadap pendeta, baik penyembelihan hewan untuk diambil dagingnya maupun penggunaan hewan hidup, dan akomodasi untuk karyawan, tahanan, dan personel militer.
 
Permasalahan juga muncul di sekolah-sekolah negeri AS terkait pengajaran dan pemaparan isu-isu keagamaan. Di berbagai negara, pilihan sekolah dan voucher sekolah telah diajukan sebagai solusi untuk mengakomodasi keragaman keyakinan dan kebebasan beragama, dengan memberikan kebebasan kepada dewan sekolah untuk memilih antara pekerjaan sekuler, keagamaan atau multi-agama, dan memberikan kebebasan kepada orang tua untuk memilih di antara pekerjaan tersebut. sekolah. Kritik terhadap program voucher Amerika menyatakan bahwa program tersebut mengambil dana dari sekolah umum, dan jumlah dana yang diberikan melalui voucher tidak cukup untuk membantu banyak orang tua kelas menengah dan pekerja.
 
Terkait dalam hari raya keagamaan dan pekerjaan, Permasalahan kadang-kadang muncul di tempat kerja sehubungan dengan pelaksanaan keagamaan ketika majikan swasta memecat seorang pekerjanya karena tidak masuk kerja pada hari yang dianggap sebagai hari suci atau hari istirahat. Di Amerika Serikat, pandangan yang umum berlaku adalah bahwa pemecatan karena alasan apapun secara umum membuat mantan pekerja tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi pengangguran, namun hal ini tidak berlaku lagi jika 'penyebabnya' bersifat agama, terutama keengganan pekerja untuk melakukan hal tersebut. untuk bekerja pada hari Sabat Yahudi , Sabat Kristen , Diwali Hindu , atau jumu'ah Muslim .
 
Dalam Institusi keagamaan, Pada tahun 1944 sebuah komite gabungan dari Dewan Federal Gereja-Gereja Kristus di Amerika dan Konferensi Misi Asing merumuskan "Pernyataan tentang Kebebasan Beragama"
Kebebasan Beragama harus diartikan mencakup kebebasan beribadah menurut hati nurani dan membesarkan anak berdasarkan keyakinan orang tuanya; kebebasan bagi seseorang untuk berpindah agama; kebebasan untuk berkhotbah, mendidik, menerbitkan dan melaksanakan kegiatan misionaris; dan kebebasan untuk berorganisasi dengan orang lain, dan untuk memperoleh serta memiliki properti, untuk tujuan ini.
 
Pada tahun 2014, Kamala Harris dan yang lainnya menandatangani laporan singkat yang diserahkan ke Mahkamah Agung bahwa "Hak untuk menjalankan keyakinan agama secara bebas melindungi pengembangan dan ekspresi 'tempat suci' dari keyakinan agama pribadi.” Hak untuk menjalankan keyakinan secara bebas telah dengan demikian juga dipahami sebagai sesuatu yang bersifat pribadi, hanya berhubungan dengan orang-orang beriman secara individu dan pada kelompok perkumpulan terbatas yang terdiri atau mewakili mereka.”
 
Dalam penutup, artikel ini menegaskan bahwa keberagaman keyakinan beragama di amerika adalah aspek penting sebagai pilar dari identitas Amerika. Dengan menghormati dan melindungi hak setiap individu untuk beribadah sesuai keyakinannya, Amerika memperkuat pondasi demokratisnya. Meskipun perubahan dan tantangan terus muncul serta menyoroti urgensi untuk memelihara kebebasan beragama sebagai landasan yang mempersatukan masyarakat yang beragam. Dengan mengakui perbedaan keyakinan, Amerika dapat terus menjadi contoh bagi dunia dalam menciptakan masyarakat yang bersatu dalam keberagaman dan memperkuat identitas pluaralistiknya yang  memupuk persatuan kokoh di tengah keanekaragaman agama tersebut.

Penulis : Tiara Puja Maharani (English Department, Andalas University)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!