Breaking News

December 14, 2023

MTQ Nasional Ke-XL di Solsel, Berdampak Peningkatan Prestasi dan Ekonomi Masyarakat

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah membuka MTQ Nasional Ke+XL Tingkat Sumbar di Kabupaten Solok Selatan, Selasa (12/12/2023) malam. Foto Diskominfo Solsel

FS.Solok Selatan(SUMBAR)- 
Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional  ke-XL Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023 di GOR Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan ditabuh. 

Meski cuaca kurang baik (hujan-red) saat pelaksanaan Pembukaan MTQ yang secara resmi dilakukan Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah tersebut. Namun rangkaian demi rangkaian acara saat itu terlaksana dengan baik, lancar dan aman.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Qori terbaik MTQ ke-39 tahun 2021, Novrion dari Kota Solok dan pembacaan doa oleh Kakan Kemenag Solsel, H. Kasmir.

Selanjutnya, Ketua LPTQ Kabupaten Solok Selatan yang juga Wakil Bupati Solsel, H. Yulian Efi melaporkan kegiatan MTQ Nasional ke-XL Provinsi Sumbar di Solok Selatan pada tahun ini akan dilaksanakan di 17 Venue dengan cabang lomba sebanyak 13 cabang, dengan jumlah peserta sebanyak 1149 orang dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar.

Ketua LPTQ Sumbar Audy Joinaldy menyerahkan Piala Bergilir MTQ yang akan diperebutkan pada MTQ Nasional ke-XL Tahun 2023 kepada Bupati Solsel H. Khairunas saat pembukaan MTQ Nasional, di GOR Rimbo Tangah Selasa (12/12/2023) malam. Foto Diskominfo Solsel

Ia juga menjelaskan bahwa untuk Kafilah, pendamping dan Dewan hakim pihaknya sudah menyediakan pemondokan. Sedangkan bagi pengunjung dan tamu lainnya, dapat memanfaatkan home stay di Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, " jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Zigo Rolanda mewakili masyarakat Solsel berharap, agar semua kafilah mendapatkan hasil yang terbaik dalam mengikuti lomba MTQ. Selain itu ia juga berharap pada semua kafilah dan tamu undangan untuk dapat menikmati keindahan Solok Selatan.

" Kehadiran semua tamu dan undangan ke Solok Selatan, hendaknya dapat meningkatkan silahturahmi masyarakat Solsel dengan semua tamu dan undangan," harapnya.

Menurutnya, " pelaksanaan MTQ di Solok Selatan yang merupakan amanah dan kepercayaan Pemerintah Provinsi Sumbar tentu sebuah penghargaan bagi pihak Pemerintah dan masyarakat Solok Selatan," tambahnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Wagub/Ketua LPTQ Sumbar Audy Joinaldy, Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Mahyudin. MA, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Wabup Solsel/Ketua LPTQ Solsel H. Yulian Efi saat melambaikan tangan pada peserta defile MTQ Nasional ke-XL Tingkat Sumbar di Solsel saat pembukaan MTQ, Selasa (12/12/2023) malam. Foto Diskominfo Solsel

" Meski kabupaten Solsel masih baru dan berusia dua puluh tahun, namun kepercayaan Provinsi Sumbar sudah ada untuk Solok Selatan dalam melaksanakan iven-iven nasional," jelasnya.

Turut memberikan sambutan Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Mahyudin. MA, yang mengatakan, bahwa pelaksanaan MTQ Nasional ke-XL Tingkat Provinsi Sumbar pada tahun 2023 ini akan dapat menghasilkan Qori dan Qoriah yang mampu menoreh prestasi nantinya di ajang MTQ Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kalimantan Timur pada tahun 2024 nanti.

" Diharapkan semua pembina dan pelatih dari Kabupaten/Kota se-Sumbar hendaknya mampu membina anak didiknya untuk meraih prestasi lebih baik lagi pada MTQ ke XL di Solok Selatan ini," harapnya.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas dikesempatan itu juga menyampaikan apresiasinya pada Pemerintah Provinsi Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar dan LPTQ Provinsi Sumbar yang sudah memberi amanah pada Pemda Solsel sebagai tuan rumah MTQ Nasional Ke-XL Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023 itu.

Penampilan aktraksi kesenian saat pembukaan MTQ Nasional Ke-XL Tingkat Sumbar di Solok Selatan, Selasa (12/12/2023) malam. Foto Diskominfo Solsel

Selain itu, Ia juga menilai banyak pelaksanaan MTQ di Solsel juga mampu meningkatkan hubungan silahturahmi serta menggairahkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan pendapatan ekonomi pelaku usaha UMKM dan lain sebagainya.

Bupati Solok Selatan Khairunas menaksir uang bakal beredar di Kabupaten Solok Selatan sekira Rp7 miliar selama pelaksanaan MTQ ke-XL tingkat Provinsi Sumbar di daerah tersebut.

"Belasan miliar anggaran MTQ ke-XL ini akan ada dampak ekonomi untuk masyarakat dan pelaku UMKM di Solok Selatan," jelasnya

"Jumlah ini setara dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Sumbar yang dibantu pak Gubernur," katanya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Provinsi Sumbar Audy Joinaldy dikesempatan itu, berharap agar kegiatan MTQ yang rutin dilaksanakan itu, hendaknya dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya serimonial saja.

Selain itu, MTQ hendaknya betul-betul diaplikasikan untuk membangun mental dan jiwa generasi muda yang Al Qur'ani.

" MTQ ini hendaknya berimplikasi untuk kecintaan generasi muda pada Al Qur'an, dengan membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," harap Audy Joinaldy yang juga Wagub Sumbar itu.

Bahkan dijelaskannya, bahwa hari ini kemajuan berdiri dan berkembangnya rumah-rumah tahfidz, pondok-pondok Al Qur'an, dan TPTQ dan lembaga pendidikan Al Qur'an lainnya," jelasnya. 

" Ini masih harus kita tingkatkan, sehingga di Sumatera Barat khususnya tidak ada lagi anak-anak kita yang buta, baca tulis Al Qur'an," pintanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan MTQ di Sumatera Barat, LPTQ, bersama Pemerintah Provinsi Sumbar, Kanwil Kementerian Agama serta Pemerintah Kabupaten/Kota senantiasa bersinergi untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap tahapan. Mulai dari pendaftaran peserta, verifikasi hingga penetapan peserta.

Ia mengajak dan bertekad untuk mensukseskan dalam penyelenggaraan MTQ, agar anak kita berlomba penuh semangat, berjuang semaksimal mungkin dan meraih hasil terbaik. 

" Inshaa Allah keberhasilan kita dalam penyelenggaraan musabaqoh ini, serta kesuksesan anak-anak kita dalam MTQ Tingkat Nasional di Solok Selatan akan membawa kesuksesan Provinsi Sumbar nantinya saat MTQ Tingkat Nasional," harapnya. 

Ketua TP PKK Solsel Ny. Hj. Erniati Khairunas, Ketua GOW Solsel Ny. Hj. Bet Yulian Efi, Ketua DWP Solsel, Ny. Fit Syamsurizaldi beserta ibu-ibu pejabat lainnya turut ambil bagian pada pembukaan MTQ Nasional ke-XL Tingkat Sumbar di Solsel, Selasa (12/12/2023) malam. Foto Diskominfo

Terakhir Audy Joinaldy juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan yang sudah mampu melaksanakan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Sumbar tahun ini.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ ke-XL tingkat Provinsi Sumbar, yang dipusatkan di Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (12/12/2023) malam tersebut dalam sambutanya berharap, MTQ Nasional tahun ini hendaknya  kembali melahirkan generasi Qur’ani yang juga menjadi agen dalam pembangunan Sumbar ke depan.

“Hari ini kembali kita akan menyaksikan iven besar di mana Al-Qur’an akan dilantunkan setiap peserta. Iven ini kita harapkan kembali mencetak generasi Qur’ani yang berakhlak mulia, dan mereka akan menjadi agen perubahan dan pembangunan bagi daerah kita tercinta,” kata Mahyeldi

Mahyeldi meyakini, seluruh kafilah kabupaten/kota yang diutus pada MTQ Nasional kr-XL tingkat Sumbar itu,merupakan putra-putri terbaik pilihan dari daerah masing-masing. 

Ia juga menegaskan bahwa MTQ adalah iven sekaligus ikhtiar dalam pemantapan syiar Islam dengan senantiasa mengagungkan kalam Ilahi, meneguhkan kesucian kalimatullah, dan menggali lebih dalam fungsi edukasi yang terkandung dalam Kitab Suci Al-Qur’an.

“Ayat-ayat suci Al-Qur’an harus senantiasa dilantunkan setiap malam, sehingga dapat menghasilkan ketenangan jiwa. Oleh karena itu patut dipahami, bahwa penyelenggaraan MTQ Nasional bukan sekadar iven seremonial rutin, melainkan suatu momen bersejarah dan perwujudan dari semangat kebersamaan dalam mencintai Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup,” ucapnya lagi.

Mahyeldi juga menekankan bahwa MTQ adalah sarana berjemaah dalam memperkokoh iman dan takwa kepada Allah. Oleh karenanya, ia berharap penyelenggaraan MTQ bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman atas isi dan kandungan Al-Quran, sebagai bagian dari pembekalan menuju surga Allah SWT.(Adeventorial)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!