Breaking News

Monday, January 22, 2024

Desa Air Santok dan Kaluat Ditetapkan Sebagai Daerah KLB DBD

Sek. Dinkes Kota Pariaman, Satri Yarlina

FS.Pariaman ---Dinas Kesehatan Kota Pariaman Menetapkan Desa Air Santok dan Desa Kaluat Sebagai Daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) Dikarenakan Sudah Ada Dua Kasus Meninggal Dunia di Daerah itu.



Satriyarlina Sek. Dinas Kesehatan Kota Pariaman mengatakan, Kami sudah membuatkan himbauan dan suratan edaran. 



"Dan kita juga sudah eksekusi yakninya gotong royong pada Jum'at bersih kemarin bersama walikota. Ternyata di Desa Air Santok di sekitaran kantor dinas BPBD kita temukan Jentik di dekat rumah warga,"ujar dia



Lanjutnya ini terbukti nyata bahwa kebersihan di sekitaraan ingkungan kantor tersebut memang tidak nyaman



"Disana kita menemukan jentik-jentik yang banyak didalam ban bekas dan botol plastik. Sehingganya kita berikan himbauan kepada masyarakat bahwa ban bekas dan botol plastik terbuka dapat menampung air,"katanya



Makanya lanjut dia, masyarakat lingkungan sekitar harus waspada terhadap munculnnya jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah.



Kata dia, foging saja tidak cukup dalam memberantas demam berdarah. Gotong Royong membersihkan lingkungan dan mengubur barang bekas lebih efektif mencegah berkembangnya nyamuk Aides Aigepti.



"Dari hasil survey nyamuk Aides yang menyebabkan salah seorang pegawai BPBD meninggal dunia, bukanlah nyamuk dari luar. melainkan nyamuk yang ada disekitar kantor tersebut,"ungkap Satriyarlina.



Apalagi ulas dia, di bulan Februari-April memang trennya peningkatan curah hujan, biasanya nyamuk ini menetaskan 150 hingga 200 biji telur ditempat air yang tergenang.



"Nah bagaimana kalau nyamuk nya banyak, tentu bisa hingga ribuan telur bagaimana itu? Perlu diketahui hingga 6 bulan meskipun tidak dapat air, telurnya tidak akan mati-mati,"tutur Satri



Dan lanjutnya, jika nyamuk itu mendapatkan air disetetes embun saja dipadang gersang dalam tempo 7 hari, telurnya akan menetas.



"Kasus meninggal dunia akibat DBD tahun 2023 kemarin 2 Orang, awal tahun 2024, 1 Orang yang meninggal. Maka nya ditetapkan KLB didaerah itu,"tutup Sek. Dinkes. Kota Pariaman tersebut (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!